Kompas.com - 16/08/2019, 11:41 WIB
Ilustrasi mata lelah MangoStar_StudioIlustrasi mata lelah

KOMPAS.com – Banyak orang mengabaikan keluhan pada mata berupa mata kering. Selain tidak nyaman, mata kering yang dibiarkan dalam waktu lama akan menyebabkan peradangan, nyeri, dan tentunya mengganggu penglihatan.

Mata kering atau kurangnya pelumas alami pada mata bisa disebabkan karena faktor penuaan, penyakit diabetes, gangguan tiroid, hingga efek samping obat-obatan.

Mata kering akan menyebabkan sensasi seperti ada pasir di mata, gatal, serta seperti terbakar.

Produksi air mata kita memang akan berkurang seiring dengan usia. Namun, hidup di lingkungan yang kering, berangin, atau pun panas, juga bisa membuat penguapan di mata.

Ada banyak cara untuk memulihkan jumlah normal air mata. Menurut dokter mata dari American Optometric Association, kita juga bisa menggunakan air mata buatan yang dijual di toko obat atau minta resep dokter untuk menentukan jenis obat yang paling tepat.

Baca juga: Asap Rokok Juga Merusak Mata

Perubahan gaya hidup juga bisa membantu. Memperbanyak konsumsi makanan mengandung asam lemak omega-3 juga bisa menyehatkan fungsi mata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika mata terasa kering, kompres dengan air hangat lalu pijat lembut bagian kelopak mata.

Bila Anda menggunakan lensa kontak, pilih produk dengan formula yang membuat mata tidak mudah kering. Berkediplah secara teratur saat membaca atau bekerja di depan komputer.

Saat berada di luar ruangan, gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dan konsumsi 8-10 gelas air putih untuk menjaga hidrasi tubuh.

Baca juga: Bahaya Kebiasaan Menggosok Mata

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.