Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2019, 12:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Esquire

KOMPAS.com - Bila saat ini kamu melihat James Bond memakai arloji Omega, maka sebaiknya kamu tahu bahwa agen rahasia Inggris itu aslinya mengenakan Rolex. Setidaknya itulah yang ditulis pengarang Ian Fleming dalam novelnya.

Fleming sendiri mengenakan Rolex Explorer, namun dalam buku karangannya, ia mendeskripsikan bahwa agen 007 memakai Rolex Oyster Perpetual, yang sebenarnya bukan nama sebuah model, namun kategori. Ada banyak seri yang termasuk dalam Rolex Oyster Perpetual ini.

Karenanya, saat film James Bond pertama dibuat, Dr. No, spesifikasi arloji yang dipakai Bond tidak menjadi perhatian utama.

Meski demikian, di film itu Bond mengenakan Rolex, yang dipinjamkan kepada aktor Sean Connery oleh produser Albert "Cubby" Broccoli. Arloji itu adalah Big Crown Submariner, ref. 6538, yang kemudian mendapatkan julukan James Bond Submariner.

Arloji Rolex James Bondsotheby Arloji Rolex James Bond
Pertama kali diperkenalkan tahun 1955, seri 6538 berhenti diproduksi tahun 1959, dan membuatnya menjadi barang langka yang diminati kolektor, apalagi dikaitkan dengan James Bond.

Nah, salah satu arloji tersebut kini dilelang di Sotheby dan mendapat perhatian, walau mungkin itu bukan barang yang pernah dipakai Sean Connery dalam film.

Seri 6538 ini memang amat langka. Bagian atasnya menggunakan dial tropical, yang seiring waktu berubah warna menjadi kecoklatan. Awalnya hal ini dianggap cacat produksi, namun belakangan justru dicari oleh kolektor.

Selain itu pada bagian dial arloji ada tulisan yang menunjukkan sertifikasi COSC atau uji akurasi oleh Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres.

Arloji James bond ini diperkirakan akan mencapai harga Rp 2,5 milyar hingga Rp 4 milyar di pelelangan, yang berlangsung antara tanggal 14 hingga 20 Agustus ini. Bisa jadi harganya bahkan melebihi perkiraan seperti yang sering terjadi pada barang langka.

Selain arloji ini dan 17 arloji lain, lelang ini juga menawarkan mobil James Bond. Ya, Aston Martin DB5, lengkap dengan aksesorinya, seperti smoke screen dan wadah senjata di balik fendernya.

Mobil itu sempat dipakai mempromosikan film Thunderball dan sudah diperbaiki penuh. Namun bukan berarti ia benar-benar berfungsi seperti dalam film dengan berbagai senjatanya, walau tetaplah keren.

Mobil Aston Martin itu ditawarkan dengan harga di atas Rp 85 milyar bila kamu berniat memilikinya dan mempunyai cukup uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Esquire
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com