Di Balik Rancangan Kebaya Hijau Nusantara Sri Mulyani

Kompas.com - 16/08/2019, 12:57 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Kebaya memakai kebaya yang dirancang oleh Didiet Maulana. Dok Didiet MaulanaMenteri Keuangan Sri Mulyani Kebaya memakai kebaya yang dirancang oleh Didiet Maulana.

KOMPAS.com – Dalam acara sidang tahunan MPR 2019, semua peserta diwajibkan memakai busana formal atau bernuansa tradisional. Salah satu menteri yang jadi sorotan adalah Sri Mulyani.

Mengenakan kebaya hijau, kain batik dan selendang, menteri keuangan terbaik se-Asia Pasifik itu, tampak anggun.

Kebaya yang dirancang oleh desainer Didiet Maulana ini memang dibuat sebagai pesan narasi keberagaman Indonesia.

Desainer Didiet Maulana bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani.Dok Didiet Maulana Desainer Didiet Maulana bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani.
“Hijau melambangkan alam, mengajak kita kembali mawas diri, kembali ke alam, mengajak kita menjadi manusia Indonesia seutuhnya dengan value kebaikan dan nilai budaya yang tinggi,” kata Didiet dalam siaran persnya.

Ia menuturkan, Sri Mulyani memakai kain Lasem dengan motif Sekar Jagad Lumitu yang dibuat oleh seniman batik Lasem, Ekawati.

“Sekar berarti bunga namun ada sumber mengatakan kata seKar diambil dari Kart (bahasa Belanda) yang artinya peta dan Jagad artinya dunia. Batik ini melambangka karisma Indonesia sebagai peta dunia atau bisa dikatakan bunga dunia,” papar Didiet.

Sementara itu, kain angkin (kain di atas setagen) dibuat oleh seniman tenun lurik di Jogja dan bros semyok dibuat oleh seniman aksesoris di Solo.

Didiet mengatakan, hasil kerja tangan-tangan pengrajin nusantara sangat luar biasa.

“Sungguh beragam warna nusantara. Keberagaman selayaknya dirayakan bukan dipersamakan. SDM Indonesia kaya dengan ide dan talenta. Mari kita dukung mereka,” katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X