Tak Hanya dari Suku Sasak, Ini 5 Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi

Kompas.com - 16/08/2019, 20:02 WIB
Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB memberi hormat seusai menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPresiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB memberi hormat seusai menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).


KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memakai baju adat Sasak saat menyampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD, di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Namun, bukan kali ini saja Jokowi mengenakan pakaian adat untuk menghadiri acara-acara resmi.

Berikut beberapa pakaian adat yang pernah dipakai Jokowi:

1. Baju Adat Bali

Presiden Joko Widodo memberi sambutan dalam Kongres V PDI-P di Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Presiden Joko Widodo memberi sambutan dalam Kongres V PDI-P di Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019).

Saat menghadiri Kongres V PDI-P di Hotel Grand Inna Bali Beach, Kamis (8/8/2019), Jokowi mengenakan pakaian adat Bali.

Baju adat Bali yang dikenakan Jokowi berwarna merah, lengkap dengan udeng-udeng atau ikat kepala.

Baca juga: Pidato Kenegaraan, Jokowi Ganti Kostum Pakai Baju Adat Sasak

Selain Kongres PDI, Jokowi juga sebelumnya pernah memakai baju adat Bali saat melakukan kunjungan ke Bali untuk membuka acara Pesta Kesenian Bali ke-38 (11/6/2016).

Dalam acara itu, baju adat Bali yang dipakai Jokowi berwarna hitam, lengkap dengan kamen dan udeng berwarna ungu.

Kehadiran Jokowi menjadi magnet bagi warga. Mereka berebut salaman dan kaus yang dibagikan oleh Jokowi dan Ibu Negara. Tak hanya warga setempat, wisatawan asing juga turut menyaksikan kemeriahan acara yang dihadiri oleh Presiden RI itu.

2. Baju Adat Batak Toba

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X