Mengenal Baju Adat Klungkung Bali yang Dikenakan Jokowi Saat Upacara HUT ke-74 RI

Kompas.com - 17/08/2019, 16:30 WIB
Presiden Joko Widodo berdama Jan Ethes menyapa wartawan sebelum upacara peringatan HUT RI ke-74 KOMPAS.com/Rakhmat Nur HakimPresiden Joko Widodo berdama Jan Ethes menyapa wartawan sebelum upacara peringatan HUT RI ke-74


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Klungkung asal Bali pada upacara detik-detik proklamasi HUT ke-74 Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Baju adat Klungkung yang dikenakan Jokowi bermotif hitam dengan bawahan kain serta penutup kepala.

Ketua Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana, Bali, Ir. Anak Agung Suryawan Wiranatha, MSc, menyebutkan, pakaian adat yang dikenakan Jokowi adalah Bali Utama atau disebut Payas Agung.

"Di Bali itu kan ada pakaian adat biasa, yang dipakai untuk sehari-hari, namanya pakaian adat Madya. Itu biasanya dipakai untuk undangan formal biasa," kata Agung saat dihubungi Kompas.com, Sabtu siang.

Baca juga: Upacara HUT ke-74 RI di Istana, Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Bali

Agung menjelaskan, pakaian adat utama Payas Agung biasanya digunakan pada acara-acara kenegaraan.

"Atau acara-acara kalau di Bali digunakan keluarga raja-raja untuk menghadiri," lanjut dia.

Selain itu, Payas Agung biasanya digunakan oleh pengantin laki-laki dalam pesta pernikahan.

"Karena yang laki-laki itu seolah-olah hari ini saat nikah itu jadi seorang raja," ujar dia.

Di luar acara itu Payas Agung tidak pernah dipakai, kecuali oleh keluarga raja.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X