Kompas.com - 18/08/2019, 10:51 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti mengenakan busana rancangan desainer Anne Avantie untuk menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI di Istana Merdeka. Dok. Anne AvantieMenteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti mengenakan busana rancangan desainer Anne Avantie untuk menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI di Istana Merdeka.

KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudiastuti beberapa kali tampil anggun mengenakan kebaya di acara resmi kenegaraan.

Walau sehari-hari lebih sering tampil dengan celana panjang dan kemeja, namun gaya Susi saat mengenakan kebaya memang berbeda. Kebaya pilihannya selalu membuatnya terlihat feminin.

Rupanya Menteri Susi selama ini mempercayakan rancangan kebayanya pada desainer Anne Avantie.

Pada peringatan HUT RI ke-47 di Istana Merdeka, Susi kembali memakai kebaya brokat hijau yang dihiasi motif bunga-bunga merah dan dedaunan. Busananya tampak serasi dengan selendang brokat merah yang tersampir manis di bahu kirinya.

Rupanya, Susi sendirilah yang memilih setelan kebaya tersebut. Meski begitu, ia tidak pernah secara khusus memesan kebaya yang akan digunakannya.

"Ibu itu enggak pernah pesan secara khusus. Saya sediakan waktu beliau membutuhkan. Beliau pilih apa yang mau beliau pakai," kata Anne kepada Kompas Lifestyle, Sabtu malam.

Susi sudah selama 10 tahun menjadi klien Anne Avantie, jauh sebelum ia menjabat Menteri KKP. Cukup lama mengenal sosok Susi membuat Anne tak lagi sulit memahami karakter dan keinginan Susi, termasuk membaca suasana hati kliennya itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dicantumkan Anne dalam keterangan sebuah foto, dirinya memang rutin setiap tahun menyediakan busana untuk Susi. Mengenal seorang Susi baginya adalah sesuatu yang membanggakan.

"Sudah 10 tahun, jadi saya mengerti bagaimana mood-nya, apa yang mesti saya tonjolkan dan memahami beliau dari segala sudutnya," ucap desainer asal Semarang itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.