Cek Risiko Penyakit dan Gaya HIdup dengan Tes DNA

Kompas.com - 18/08/2019, 11:36 WIB
Ilustrasi tes DNA. SHUTTERSTOCKIlustrasi tes DNA.

KOMPAS.com – Walau dua orang memiliki pola makan dan gaya hidup yang sama, namun status kesehatannya bisa saja berbeda jauh. Ini terjadi karena peran faktor genetik.

Karena pengaruh genetik tersebut, ada individu yang sudah makan banyak tapi badannya tetap langsing, atau wajahnya mudah berjerawat meski rajin memakai skincare.

Untuk mengetahui kecenderungan seseorang terhadap risiko kesehatan, bisa dilakukan tes DNA (Deoxyribo Nucleeic Acid).

Selama ini tes DNA identik dengan pemeriksaan asal usul seseorang. Padahal, tes tersebut juga bisa dipakai untuk mengetahui risiko kesehatan serta rekomendasi gaya hidup yang tepat berdasarkan struktur DNA masing-masing.

“DNA adalah molekul yang menyimpan informasi dari orangtua, berupa tampilan fisik atau pun metabolik pada diri kita,” kata Manajer Laboratorium Genetics Indonesia Erlin Soedarmo di Jakarta (15/8/2019).

Walau begitu, menurut Erlin, faktor DNA bukan satu-satunya penentu risiko penyakit, namun juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan faktor lingkungan.

“Tetapi kalau faktor lifestyle dan lingkungan tidak dikendalikan, bisa saja kecenderungan kita berdasarkan genetik akan muncul. Misalnya tidak mengurangi karbohidrat, sehingga obesitas,” katanya.

Baca juga: Sering Susah Bangun Pagi Bisa Disebabkan Faktor Genetik

Menurut Direktur PT Global Genetika Indonesia, Simon, di masa depan pemeriksaan DNA akan menjadi standar dalam dunia kesehatan untuk mengetahui faktor risiko penyakit dan memilih pengobatan yang tepat.

“Saya punya pengalaman tidak cocok dengan obat penurun kolesterol yang diberikan dokter. Ternyata setelah melakukan pemeriksaan genetik, tubuh saya tidak merespon kandungan dalam obat itu. Jadi harus diganti obatnya,” kata Simon.

Dalam dunia kedokteran, pengobatan kanker juga membutuhkan pemeriksaan genetik untuk mengetahui respon tubuh terhadap obat.

Peluncuran layanan DNAku di Jakarta, Kamis (15/8/2019).Kompas.com/Lusia Kus Anna Peluncuran layanan DNAku di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Berbasis internet

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X