Kompas.com - 19/08/2019, 22:43 WIB
Ilustrasi walnut. Ilustrasi walnut.

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang menghabiskan banyak waktu terjebak stres, entah itu di tempat kerja, di kampus, atau bahkan di rumah.

Berbagai hal seperti teknik pernapasan dan olahraga teratur dikatakan dapat mengurangi efek stres, tapi sebuah studi baru telah menemukan, bahwa apa yang kita konsumsi juga dapat memengaruhi tingkat stres.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients telah menemukan, bahwa kacang walnut kemungkinan menjadi kunci untuk meredakan stres.

Di masa lalu, penelitian tentang kenari telah menunjukkan efek menguntungkan pada masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Baca juga: Main Game di Ponsel Terbukti Efektif Meredakan Stres

“Studi kami berbeda, karena kami fokus pada kognisi dan uji coba terkontrol acak, kami mengukur hasil suasana hati pada pria dan wanita,” kata Profesor Nutrisi Peter Pribis.

Sebanyak enam puluh empat siswa berusia antara 18-25 berpartisipasi dalam penelitian ini dan mereka mewakili sebagian besar kelompok etnis Kaukasia, Afrika Amerika, Hispanik, dan Asia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para siswa diminya untuk makan tiga iris roti pisang setiap hari selama enam belas minggu. Mereka diminta makan roti pisang dengan kenari selama 8 minggu dan tanpa kenari selama 8 minggu.

Setengah cangkir kenari ditumbuk ke dalam adonan roti, sehingga roti terasa dan tampak sama dengan roti yang tanpa kenari.

Suasana hati para siswa diukur setiap akhir minggu dalam delapan minggu.

Baca juga: Ngemil Bisa Jadi Cara Efektif Redakan Stres

Anehnya, terlihat peningkatan pada pria dalam penelitian khusus ini, sedangkan pada wanita tidak.

Halaman:


Sumber her.ie
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.