Penyakit yang Mengintai Saat Tubuh Menua

Kompas.com - 20/08/2019, 15:35 WIB
Lansia berbincang di Kawasan Petamburan, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGLansia berbincang di Kawasan Petamburan, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, risiko terkena penyakit degeneratif yang disebabkan penuaan sel-sel organ atau sistem tubuh memang meningkat. Namun, bukan berarti tak bisa dikendalikan.

Mengutip data Badan Pusat Statistik, sedikitnya satu dari empat lansia sakit dalam sebulan terakhir. Hal ini wajar, mengingat fungsi organ tubuh semakin menurun seiring bertambahnya usia dan menyebabkan tubuh menjadi rentan penyakit.

“Penyakitnya di antaranya hipetensi, arthritis (penyakit sendi), stroke, Paru Obstruktif Kronik (PPOK), dan diabetes melitus,” jelas dr. Rensa, Sp.PD-KGer, FINASIM .

Lebih dari 80 persen lansia di Indonesia memiliki penyakit dan mayoritas dengan penyakit penyerta lebih dari satu.

Menurut Rensa, faktor terbesar penyakit degeneratif adalah pola hidup kurang sehat yang sudah diterapkan selama bertahun-tahun sebelumnya.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri mengingat saat ini masyarakat usia produktif kebanyakan memiliki gaya hidup tidak sehat. Misalnya saja kurang melakukan aktivitas fisik, pola makan tidak sehat, dan pencemaran lingkungan yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Baca juga: Tips Bugar Lansia, yang Anak Muda Perlu Bersiap Juga

Penyakit degeneratif bisa dikendalikan agar tidak memburuk dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan sehingga kualitas hidup lansia akan meningkat.

Bagi yang berusia di atas 55 tahun, idealnya pemeriksaan kesehatan menyeluruh dilakukan dua kali setahun.

Pemeriksaan kesehatan khusus lansia saat ini sudah bisa dilakukan Puskesmas. Sayangnya, layanannya masih terbatas hanya pada puskesmas di kota-kota besar.

Baca juga: Menjemput Sehat di Posyandu Lansia...

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X