Olahraga Luar Ruangan Ampuh Atasi Stres

Kompas.com - 21/08/2019, 07:03 WIB
Ilustrasi olahraga bersepeda SHUTTERSTOCKIlustrasi olahraga bersepeda

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa olahraga dianjurkan, dan idealnya dilakukan secara rutin.

Namun, dilansir laman Daily Mail, sebuah studi mengungkapkan, olahraga di luar ruangan jauh lebih ampuh mengatasi stres daripada olahraga dalam ruangan.

Bersepeda di pegunungan dan lari di ruangan terbuka tanpa di kelilingi gunung terbukti memiliki manfaat paling positif terhadap kesehatan mental.

Para psikolog meyakini, efek menenangkan dari alam adalah faktor yang membuat olahraga luar ruangan efektif menghilangkan stres.

Riset menambahkan, sejumlah studi yang juga menyebutkan bahwa ruang-ruang hijau berdampak positif terhadap suasana hati seseorang.

Baca juga: Cegah Makan Berlebih Setelah Olahraga Lari

Para pakar dari University of Roehampton bersama dengan tim dari Jerman mempublikasikan temuan mereka di jurnal Mental Health and Prevention.

Tim yang dipimpinDr Sandra Klaperski bertanya kepada 140 partisipan untuk melaporkan suasana hati, level stres. dan perasaan kecemasan mereka sebelum dan setelah berolahraga.

Para partisipan diminta secara rutin melakukan olahraga dalam ruangan, seperti aerobik, aerobik air, basket, anggar, renang, atau voli. Atau olahraga luar ruangan seperti lari, sepak bola, atau bersepeda gunung.

Sepak bola tersebut dilakukan di halaman hijau terbuka dengan beberapa gedung pada satu sisi dan pemandangan sungai serta hutan di sisi lainnya.

Sementara, lari dan sepeda gunung memiliki pemandangan hutan berbukit dengan hampir tidak ada pemandangan perkotaan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Daily Mail
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X