Lari Belum Tentu Efektif, Pahami Jenis Kardio yang Paling Pas

Kompas.com - 21/08/2019, 09:24 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kardio bagi sebagian orang mungkin tidak menjadi olahraga favorit.

Alasannya tentu beragam. Mulai dari memicu keringat berlebih, membuat paru-paru terasa sakit, hingga membuat kita kelelahan.

Sayangnya, kardio merupakan bagian krusial dalam rutinitas olahraga.

Tidak hanya untuk membakar kalori, tapi juga untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Jika kamu bukan pelari, jogging di pagi hari, atau berlari di atas treadmill mungkin menjadi rutinitas yang tidak menyenangkan.

Ternyata, lari bukanlah jenis kardio yang paling efektif untuk kebugaran dan pembentukan tubuh.

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Melakukan Olahraga Kardio?

Instruktur Flykick, Dan Barrett meyakini, opsi latihan terbaik adalah apa yang paling kita nikmati.

Dengan demikian, kita bisa melakukan dengan konsisten, dan sering mungkin demi mencapai target kebugaran tertentu.

"Jadi, jika kamu membenci sprint atau latihan interval, kemungkinan kamu berlatih dengan rutin akan jauh lebih kecil, daripada melakukan latihan yang kamu suka setidaknya selama 40-55 menit dalam satu sesi latihan," kata Barrett.

Menurut dia, tidak ada jenis kardio yang sempurna.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X