Setiap Anak Itu Unik, Ketahui Berbagai Jenis Kecerdasan Anak

Kompas.com - 21/08/2019, 14:58 WIB
Ilustrasi anak belajar shutterstockIlustrasi anak belajar
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan setiap orangtua. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis kecerdasan anak yang berbeda-beda?

Anda mungkin ingat ketika masih sekolah dulu bahwa orangtua begitu bangga jika kita berhasil menjadi rangking satu di kelas. Atau mungkin pernah dimarahi orangtua karena nilai matematika yang merah di rapor.

Kini, tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata diukur dari angka-angka di rapor. Orangtua perlu jeli dalam melihat tipe kecerdasan anak.

Sebelum memaksa anak harus jago matematika atau IPA, kita perlu memahami apa saja jenis-jenis kecerdasan lainnya.

Jenis-jenis kecerdasan awalnya dicetuskan oleh Howard Gardner. Pandangan ini memberikan suatu persepsi yang berbeda mengenai bakat yang dimiliki oleh setiap orang dan membuka wawasan baru mengenai jenis-jenis kecerdasan.

Merasa kesulitan dalam mengetahui jenis kecerdasan anak? Coba telusuri jenis-jenis kecerdasan anak di bawah ini untuk memahami tipe mana yang dimiliki oleh anak Anda!

1. Kecerdasan visual-spasial

Gemar bermain puzzle dan pandai menggambar adalah beberapa tanda dari kecerdasan visual-spasial. Anak yang memiliki jenis kecerdasan ini memiliki kemampuan visualisasi yang sangat baik.

Anak akan terlihat mudah untuk mengingat gambar, arah di peta, video, dan sebagainya. Anak juga lebih mudah untuk melihat suatu pola daripada teman-teman sebayanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X