Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Anak Itu Unik, Ketahui Berbagai Jenis Kecerdasan Anak

Kompas.com - 21/08/2019, 14:58 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Memiliki anak yang cerdas adalah keinginan setiap orangtua. Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai macam jenis kecerdasan anak yang berbeda-beda?

Anda mungkin ingat ketika masih sekolah dulu bahwa orangtua begitu bangga jika kita berhasil menjadi rangking satu di kelas. Atau mungkin pernah dimarahi orangtua karena nilai matematika yang merah di rapor.

Kini, tingkat kecerdasan anak tidak semata-mata diukur dari angka-angka di rapor. Orangtua perlu jeli dalam melihat tipe kecerdasan anak.

Sebelum memaksa anak harus jago matematika atau IPA, kita perlu memahami apa saja jenis-jenis kecerdasan lainnya.

Jenis-jenis kecerdasan awalnya dicetuskan oleh Howard Gardner. Pandangan ini memberikan suatu persepsi yang berbeda mengenai bakat yang dimiliki oleh setiap orang dan membuka wawasan baru mengenai jenis-jenis kecerdasan.

Merasa kesulitan dalam mengetahui jenis kecerdasan anak? Coba telusuri jenis-jenis kecerdasan anak di bawah ini untuk memahami tipe mana yang dimiliki oleh anak Anda!

1. Kecerdasan visual-spasial

Gemar bermain puzzle dan pandai menggambar adalah beberapa tanda dari kecerdasan visual-spasial. Anak yang memiliki jenis kecerdasan ini memiliki kemampuan visualisasi yang sangat baik.

Anak akan terlihat mudah untuk mengingat gambar, arah di peta, video, dan sebagainya. Anak juga lebih mudah untuk melihat suatu pola daripada teman-teman sebayanya.

2. Kecerdasan interpersonal

Apakah anak Anda selalu berhasil membina hubungan baik dengan orang sekitarnya dan pintar dalam berbicara dengan teman-temannya? Bisa jadi anak itu memiliki kecerdasan interpersonal.

Jenis kecerdasan anak yang satu ini ditandai dengan kemampuan anak untuk mengerti dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Pintar berbicara dan mampu menjaga hubungan baik adalah salah satu ciri khas dari jenis kecerdasan anak ini.

3. Kecerdasan naturalis

Ilustrasi anak bermainHakase_ Ilustrasi anak bermain
Tidak semua anak senang menjelajahi dan menelusuri alam terbuka serta spesies-spesies di sekitarnya, jika anak Anda senang melakukan hal tersebut, mungkin ia memiliki kecerdasan naturalis.

Jenis kecerdasan naturalis merupakan jenis kecerdasan yang cukup unik. Anak yang memiliki jenis kecerdasan ini senang mengeksplorasi lingkungannya, beraktivitas di alam bebas, dan mudah dalam mengumpulkan serta mengkategorikan informasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com