Udara Buruk karena Polusi, Amankah Lari Pakai Masker?

Kompas.com - 21/08/2019, 18:56 WIB
Ilustrasi lari jarak jauh Pavel1964Ilustrasi lari jarak jauh

JAKARTA, KOMPAS.com - Isu polusi udara dalam beberapa waktu terakhir menjadi perbincangan hangat. Apalagi, Ibukota sempat menempati posisi pertama kota paling berpolusi di dunia versi AirVisual.

Di satu sisi, semakin banyak masyarakat perkotaan yang menggemari lari. Beberapa orang memilih untuk mengenakan masker untuk mencegah paparan polusi udara ketika berlari.

Nah, apakah penggunaan masker ketika berlari tersebut tepat jika dilihat dari segi ilmu kesehatan?

Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB menjelaskan terlebih dahulu bahwa olahraga lari membutuhkan kondisi udara yang bersih.

Baca juga: Bentengi Tubuh dari Paparan Polusi Udara, Bagaimana Caranya?

Terutama bagi orang-orang yang memiliki sensitivitas tenggorokan, alergi pada saluran pernafasan, atau yang sudah memiliki masalah paru-paru sebelumnya.

"Misalnya paru obstruktif kronis, biasanya pada orang-orang yang merokok. Polusi akan memperburuk karena komponen oksigen menurun," kata Ari pada media briefing KedokteRAN 2019 di Kampus FKUI Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

Menurut Ari, pada dasarnya masker digunakan agar penyakit yang sedang diderita pemakainya, misalnya flu, tidak menular kepada orang lain.

Jika khawatir dengan udara yang tidak bersih, ia menganjurkan untuk memilih lokasi lari yang cenderung lebih bersih.

"Karena ketika berlari kan kita butuh oksigen yang cukup banyak. Sementara udara ini (berpolusi) tidak kondusif," kata Dekan FKUI itu.

Baca juga: Seberapa Efektif Masker Melindungi Kita dari Bahaya Polusi Udara?

Sementara itu, Ketua Pelaksana KedokteRAN 2019 dr. Jack Pradono Handojo, MHA mengatakan, penggunaan masker ketika lari sebetulnya tidak dilarang. Namun, pemakaian masker dikhawatirkan menghambat masuknya udara ketika berlari.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X