Hobi Nonton Film Seri? Awas Kena Efek Buruk Binge Watching

Kompas.com - 22/08/2019, 11:25 WIB
Ilustrasi menonton shutterstockIlustrasi menonton
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apa kamu termasuk orang yang hobi menonton serial televisi, seperti Game of Thrones, Stranger Things, The Walking Dead, atau semacamnya? Berapa lama waktu yang biasa kamu habiskan untuk menonton film seri tersebut?

Bila kamu menghabiskan waktu untuk sekaligus menonton satu season serial televisi, kamu bisa dikatakan terkena fenomena binge watching.

Di era yang semakin canggih ini, kita tidak perlu lagi menunggu terlalu lama untuk menantikan episode lanjutan film seri favorit.

Kita dapat terus menyaksikan episode awal hingga akhir sekaligus berkat adanya penyedia layanan streaming. Hal ini semakin mempermudah seseorang untuk menonton film seri maupun film layar lebar kegemarannya. Tidak sedikit juga orang yang kemudian menjadi kecanduan.

Mengenal fenomena binge watching

Kehadiran penyedia layanan streaming film layar lebar dan seri mulai mengubah cara kita dalam menonton. Tulisan “Bersambung…” di akhir episode, kini tidak lagi menjadi pembatas untuk menunggu episode selanjutnya.

Cukup dengan berlangganan layanan streaming di berbagai platform, kita dapat mengakses ribuan film dan serial televisi yang dapat ditonton kapan saja dan di mana saja. Tidak ada iklan dan batasan maksimal mengenai berapa episode yang bisa dinikmati.

Layanan streaming tersebut membuat banyak orang menghabiskan waktu untuk menonton selama berjam-jam dalam satu waktu, tanpa jeda. Fenomena ini dikenal juga dengan binge watching dan bisa terjadi di berbagai kalangan usia.

Ketika menonton serial televisi atau film yang disukai, tanpa sadar otak melepaskan hormon dopamin. Hormon ini akan membuat kita merasa nyaman dan bahagia, yang berujung dengan kepuasan.

Semakin sering menonton, kadar dopamin dalam tubuh akan semakin tinggi. Ketika satu episode sudah habis, kita bisa saja seolah-olah merasakan ketagihan untuk kembali mendapatkan rasa senang, dan akhirnya melanjutkan ke epidose selanjutnya.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X