9 Manfaat Jalan Kaki, Perkuat Jantung hingga Perbaiki Suasana Hati

Kompas.com - 22/08/2019, 14:37 WIB
ilustrasi jalan kaki shutterstockilustrasi jalan kaki
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tren olahraga ada bermacam-macam dan muncul silih berganti. Mulai dari senam aerobik, taebo, zumba, poundfit, bootcamp, crossfit, bersepeda, lari maraton, triathlon dan sebagainya.

Bagi yang tidak tertarik dengan semua aktivitas fisik tersebut, ada alternatif olahraga jalan kaki yang lebih mudah agar kamu tetap berolahraga. Selain tanpa biaya, manfaat jalan kaki untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi.

Baca juga: Jalan Kaki Efektif Turunkan Berat Badan, Simak Tips-nya...

Jalan kaki termasuk olahraga yang paling praktis dan menyehatkan. Mari simak kebaikannya untuk kesehatan di bawah ini:

Membakar kalori

Seperti lari, jalan kaki juga termasuk jenis olahraga kardio. Jadi, aktivitas ini pun bisa dilakukan dengan tujuan membakar kalori.

Jumlah kalori yang terbakar akan bertambah sebanyak 100-300 kalori bila kamu berjalan dengan cepat, dalam jarak yang jauh dengan durasi di atas 30 menit, dan di medan yang menanjak.

Baca juga: Bisakah Kebiasaan Jalan Kaki Bantu Luruhkan Lemak Perut?

Memperkuat jantung

Berjalan kaki setiap hari selama setidakanya 30 menit bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner hingga 19 persen. Kamu juga bisa meningkatkan manfaat ini dengan menambah jarak berjalan secara bertahap.

Memperkuat tulang dan sendi

Jalan kaki termasuk olahraga yang menahan beban tubuh kita sendiri. Karena itu, aktivitas ini bermanfaat dalam mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X