3 Tips Sehat Makan Cokelat

Kompas.com - 23/08/2019, 12:50 WIB
Ilustrasi cokelat DianaDudaIlustrasi cokelat

JAKARTA, KOMPAS.com - Makan cokelat ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari memerbaiki suasana hati, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, konsumsi cokelat juga bisa memberikan efek negatif terhadap tubuh. Misalnya, memicu tumbuhnya jerawat atau bikin gemuk.

Nah, berikut tips sehat makan cokelat dari pendiri Pipiltin Cocoa, Tissa Aunilla:


1. Lihat konsentrasi cokelat

Cokelat hitam kaya akan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Sebelum makan cokelat, pastikan cokelat yang kita makan mengandung konsentrasi kakao murni yang tinggi.

Menurutnya, produk cokelat yang bisa dikategorikan sehat mengandung kokoa di atas 70 persen.

Tissa mencontohkan salah satu produk Pipiltin Cocoa, yaitu Ransiki 72% yang merupakan cokelat asal Ransiki, Papua Barat. Karena mengandung 72 persen kokoa, artinya bahan campuran lainnya hanya berjumlah sedikit.

"Ini 72 persen artinya cocoa pure. Sisanya 28 persen itu gula, sedikit sekali. Jadi makin tinggi konsentrasinya makin sehat," kata Tissa saat ditemui di Alun-Alun Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019) kemarin.

Baca juga: Mengenal Kenikmatan Cokelat Ransiki dari Papua Barat

2. Lihat bahan-bahan

Saat membeli cokelat atau akan mengonsumsinya, lihat ke balik kemasan dan cermati bahan-bahan apa saja yang ada di dalamnya. Biasanya, kata Tissa, semakin banyak bahan yang dicampurkan, maka cokelat semakin tidak sehat.

"Tergantung tujuan makan cokelatnya. Tapi kalau untuk kesehatan, lebih sedikit ingredients-nya akan lebih baik," ujarnya.

Selain memerhatikan jumlah bahan yang dicampurkan, beberapa orang mungkin juga memerhatikan campuran tertentu sesuai dengan kondisi kesehatannya. Misalnya, menghindari cokelat dengan susu jika memiliki laktosa intoleran.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X