Tips Pakai Platform Digital untuk Bisnis Kuliner yang Laku Keras

Kompas.com - 23/08/2019, 14:24 WIB
Salah satu makanan pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYASalah satu makanan pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

KOMPAS.com - Kini, dunia digital memiliki peranan penting dalam hampir semua lini bisnis- tak terkecuali kuliner.

Hal ini tak lepas dari kian terhubungnya konsumen dengan teknologi yang mau tak mau mengubah pola dalam membeli sesuatu.

Oleh karena itu, memahami trik dalam konten digital untuk usaha kuliner adalah hal "wajib".

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Vita Datu mengungkapkan pandangannya.

Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika pelaku bisnis memanfaatkan platform digital untuk kuliner.

Baca juga: Icip-icip 4 Kuliner dengan Rempah Andaliman

Pertama, menurut Datu, adalah story telling. Konsumen di Indonesia disebut menyukai hal-hal berbau cerita di balik sebuah kuliner.

Oleh karena itu, menceritakan ulang kepada konsumen di media sosial soal bahan yang dipakai hingga kisah-kisah di balik itu merupakan konten yang dianjurkan.

"Yang bisa diceritakan adalah local wisdom, spice, hingga heritage," ujar Vita dalam acara Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta, Kamis (22/8/2019) kemarin.

Dalam konten juga bisa disinggung soal komitmen menjaga kesehatan dalam makanan.

Sebab, menurut Vita, milenial, yang kini menjadi salah satu segmen konsumen besar kuliner, amat memerhatikan hal tersebut.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X