Nike atau Adidas, Merek Mana yang Rajai Bisnis Sneaker Dunia?

Kompas.com - 23/08/2019, 19:45 WIB
Tampilan sneaker Air Jordan 1 mid SE Quai54, salah satu koleksi terbatas yang diluncurkan untuk menyambut turnamen streetball ternama di Paris, Perancis, Quai 54, difoto di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Diluncurkan pada pertengahan Juni lalu, sepatu berdesain unik ini tak resmi masuk ke Indonesia, membuat harga resell sneaker ini di Tanah Air melambung tinggi dibandingkan harga resminya yang 130 dollar AS atau setara Rp 1,8 juta. KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTOTampilan sneaker Air Jordan 1 mid SE Quai54, salah satu koleksi terbatas yang diluncurkan untuk menyambut turnamen streetball ternama di Paris, Perancis, Quai 54, difoto di Jakarta, Kamis (1/8/2019). Diluncurkan pada pertengahan Juni lalu, sepatu berdesain unik ini tak resmi masuk ke Indonesia, membuat harga resell sneaker ini di Tanah Air melambung tinggi dibandingkan harga resminya yang 130 dollar AS atau setara Rp 1,8 juta.

KOMPAS.com - Pasar sepatu olahraga dan sneaker global di tahun 2018 telah mencapai angka 58 miliar dollar AS. Besaran ini diprediksi bakal terus merambat naik hingga 88 miliar dollar AS pada 2024.

Dengan ukuran pasar sebesar itu, maka tak heran sneaker menjadi bisnis yang amat menggiurkan.

Berbagai merek terus berupaya merebut porsi terbesar dengan berbagai strategi.

Meskipun ada sejumlah pendatang baru dalam beberapa tahun terakhir, namun pada kenyataannya pasar masih didominasi oleh hanya sejumlah kecil pemain kelas berat.

Baca juga: 23 Sneakers Air Jordan 1 dengan Harga Resell di Atas Rp 12 Juta

Nike dan Adidas adalah dua nama besar yang telah lama menjadi juara dunia dalam urusan sneaker.

Kisah yang dibeberkan oleh pendiri Nike Phil Knights dalam buku Shoe Dog, jelas menggambarkan bagaimana kedua merek bersaing, hingga mencapai posisi puncak. 

Namun bagaimana dengan saat ini? Siapa yang telah memenangi pertarungan tanpa akhir ini?

Pendapatan

Mari kita mulai dengan melihat pendapatan dari kedua merek.

Nike adalah bisnis yang lebih besar secara keseluruhan, dan pemimpin pasar dalam industri sepatu olahraga global.

Pendapatan dari penjualan alas kaki Nike mencapai angka lebih dari 24,2 miliar dollar AS pada tahun 2018.

Coba bandingkan dengan pendapatan Adidas di periode yang sama, yang mencapai angka 15 miliar dollar AS.

Baca juga: Air Jordan 1 Quai 54, Sepatu Edisi Spesial yang Harganya Jadi Menggila

Perlu diingat, angka-angka tersebut tidak hanya mencakup alas kaki bermerek Nike dan Adidas, tetapi juga Converse yang dimiliki Nike, dan Reebok yang dimiliki oleh Adidas.

Kendati demikian, dalam hal pertumbuhan pendapatan, alas kaki Adidas telah menambahkan angka 5,8 miliar dollar AS sejak 2015, atau tumbuh rata-rata 17,6 persen.

Sedangkan, Nike hanya menambahkan capaiannya sebesar 4,3 miliar dollar AS, dengan tingkat rata-rata pertumbuhan 6,8 persen.

Harga saham

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Forbes
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X