Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daur Ulang Botol Plastik Harus dengan Tutupnya, Apa Alasannya?

Kompas.com - 23/08/2019, 20:44 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bicara soal mendaur ulang plastik, ada banyak hal yang masih simpang siur. Mulai dari aspek pemilahannya hingga material apa saja yang bisa didaur ulang.

Tapi, ada satu mitos daur ulang yang mungkin pernah kamu lakukan: melepaskan tutup botol plastik sebelum membuangnya ke tempat sampah akan mempermudah proses daur ulangnya.

Anggapan tersebut rupanya salah.

Tutup botol plastik ternyata termasuk material yang bisa didaur ulang.

Setelah botol-botol plastik dengan tutupnya dihancurkan, material yang telah dicacah tersebut dimasukkan ke dalam rendaman air.

Baca juga: Danone-Aqua Luncurkan Botol dari 100 Persen Daur Ulang di Jakarta

Karena tutup botol plastik umumnya terbuat dari high-density polyethylene (HDPE) dan polypropylene (PP), tutup botol akan mengambang dan botol plastik akan tenggelam.

Cara ini akan memudahkan fasilitas pendaurulang untuk menyortir berbagai jenis bahan dan mendaur ulangnya menjadi barang baru.

Jika kamu membuang tutup di tempat sampah, tutup tersebut kemungkinan besar akan berakhir di laut.

Untuk diketahui, tutup botol plastik adalah salah satu dari lima item sampah paling umum yang ditemukan di pantai-pantai di seluruh dunia.

Mamalia laut, ikan dan burung kerap mengira tutup botol adalah makanan kemudian mengkonsumsinya. Hal ini menyebabkan mereka menderita masalah pencernaan dan bahkan kematian.

Baca juga: Converse Luncurkan Sepatu dari Plastik Daur Ulang

Itulah mengapa, sebelum membuang setiap bagian plastik ke tempat sampah daur ulang, pastikan kamu tahu tentang barang-barang yang tidak boleh didaur ulang.

Alasan lainnya mengapa kamu perlu memastikan tutup botol tidak tercecer dari botolnya adalah, karena tutup tersebut terbuat dari plastik berharga yang juga banyak dicari orang.

Setelah didaur ulang, tutup botol plastik dapat diubah menjadi tempat penyimpanan, wadah pengiriman, mangkuk pencampur, spatula, sekop, kaleng penyiraman, dan lainnya.

Selain itu, pastikan pula kamu tidak pernah meratakan botol karena dapat disalahartikan sebagai kertas dalam proses penyortiran.

Nah, jika kamu berminat untuk ikut menyelamatkan bumi, mulailah memerhatikan hal-hal kecil termasuk cara mendaur ulang.

Baca juga: Fashion Karya Mahasiswa yang Memanfaatkan Plastik Daur Ulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com