Daur Ulang Botol Plastik Harus dengan Tutupnya, Apa Alasannya?

Kompas.com - 23/08/2019, 20:44 WIB
Ilustrasi botol plastik. Wikimediacommons/EffeietssandersIlustrasi botol plastik.

KOMPAS.com - Bicara soal mendaur ulang plastik, ada banyak hal yang masih simpang siur. Mulai dari aspek pemilahannya hingga material apa saja yang bisa didaur ulang.

Tapi, ada satu mitos daur ulang yang mungkin pernah kamu lakukan: melepaskan tutup botol plastik sebelum membuangnya ke tempat sampah akan mempermudah proses daur ulangnya.

Anggapan tersebut rupanya salah.

Tutup botol plastik ternyata termasuk material yang bisa didaur ulang.

Setelah botol-botol plastik dengan tutupnya dihancurkan, material yang telah dicacah tersebut dimasukkan ke dalam rendaman air.

Baca juga: Danone-Aqua Luncurkan Botol dari 100 Persen Daur Ulang di Jakarta

Karena tutup botol plastik umumnya terbuat dari high-density polyethylene (HDPE) dan polypropylene (PP), tutup botol akan mengambang dan botol plastik akan tenggelam.

Cara ini akan memudahkan fasilitas pendaurulang untuk menyortir berbagai jenis bahan dan mendaur ulangnya menjadi barang baru.

Jika kamu membuang tutup di tempat sampah, tutup tersebut kemungkinan besar akan berakhir di laut.

Untuk diketahui, tutup botol plastik adalah salah satu dari lima item sampah paling umum yang ditemukan di pantai-pantai di seluruh dunia.

Mamalia laut, ikan dan burung kerap mengira tutup botol adalah makanan kemudian mengkonsumsinya. Hal ini menyebabkan mereka menderita masalah pencernaan dan bahkan kematian.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X