Kenali 7 Tanda Autisme pada Bayi dan Balita

Kompas.com - 24/08/2019, 13:44 WIB
Ilustrasi bayi Roman Sorkin/ShutterstockIlustrasi bayi

KOMPAS.com - Autisme adalah gangguan otak yang membatasi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain.

Tanda-tanda autisme biasanya mulai terlihat sebelum usia tiga tahun, dalam spektrum ringan ataupun parah.

Beberapa anak mampu menavigasi dunia mereka, beberapa lainnya memiliki kemampuan luar biasa, sementara ada juga yang berjuang untuk bisa berbicara.

Gangguan spektrum autisme (ASD) memengaruhi sekitar satu anak dari 59 anak, menyerang hampir empat kali lebih banyak pada anak laki-laki ketimbang perempuan.

Baca juga: Mengenali Ciri Autisme pada Balita Usia 0-3 Tahun

Waktu dan intensitas tanda-tanda awal autisme sangat bervariasi. Beberapa bayi menunjukkan tanda di bulan-bulan pertama mereka. Tapi pada anak lain, perilaku bisa jadi baru mulai terlihat jelas pada usia 2 tahun atau 3 tahun.

Tidak semua anak autis menunjukkan semua tanda. Banyak anak yang tidak memiliki autisme juga menunjukkan beberapa tanda. Itu sebabnya, evaluasi dari profesional sangat penting.

Seperti halnya masalah kesehatan lainnya, tentu akan lebih baik jika penegakkan diagnosis bisa sedini mungkin. Hal yang sama berlaku juga untuk autisme.

Penting juga bagi orangtua memerhatikan perilaku anak sejak dini, untuk melihat apakah mereka menunjukkan tanda-tanda autisme, karena intervensi awal sangat bermanfaat bagi perkembangan anak autisme.

Penelitian menunjukkan, orangtua pada umumnya memerhatikan perbedaan perkembangan pada anak mereka, bahkan sebelum anak berusia satu tahun.

Jika naluri sebagai orangtua merasakan ada sesuatu yang tertunda pada tumbuh kembang anak, jangan ragu untuk segera menemui ahli.

Baca juga: Lakukan Terapi Sedini Mungkin Setelah Anak Didiagnosis Autisme

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X