Ketahuilah, Pelihara Anjing Bisa Bantu Kesehatan Jantung

Kompas.com - 25/08/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi anjing dan pria Ilustrasi anjing dan pria

KOMPAS.com - Ketika memelihara anjing, sang pemilik harus merelakan waktunya membawa hewan peliharaannya itu berjalan-jalan setiap hari.

Mungkin kegiatan tersebut terdengar melelahkan. Namun, di balik waktu yang diberikan, ternyata anjing itulah yang lebih banyak membantu kesehatan jantung bagi majikannya.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru Mayo Clinic, orang yang memiliki hewan peliharaan, -terutama anjing, akan cenderung memiliki kesehatan jantung yang lebih baik.

"Sangat menggembirakan melihat sesuatu yang kita nikmati, salah satunya memiliki anjing, ini terkait dengan kesehatan jantung."

Begitu dikatakan Dr. Francisco Lopez-Jimenez, penulis dalam peneliitan ini, yang juga Ketua Divisi Kardiologi Preventif di Mayo Clinic, dalam wawancara dengan ABC News.

Baca juga: Anjing Ternyata Bisa Merasakan Stres Tuannya

Sebelumnya pula, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS sudah menyimpulkan, orang yang aktif umumnya hidup lebih lama, dan berisiko lebih rendah untuk terkena masalah kesehatan.

Ancaman kesehatan serius seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan beberapa jenis kanker, cenderung menjauh dari mereka yang aktif.

Kenyamanan dengan hewan peliharaan juga merupakan faktor yang amat penting.

"Sangat sulit untuk tidak meningkatkan aktivitas setelah kita mendapatkan hewan peliharaan, khususnya, seekor anjing."

"Ini sangat masuk akal, sebab anjing butuh bergerak, dan kita harus membawanya. Jadi, mereka memaksa kita untuk aktif."

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X