Stres Kerja Bikin Kehidupan Seks Mati Suri

Kompas.com - 26/08/2019, 07:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Gairah seks yang menyala-nyala di awal pernikahan bisa berangsur redup, bahkan padam seiring usia pernikahan. Kehidupan seks yang mati suri tersebut ternyata cukup banyak dialami pasangan suami istri.

Setidaknya 51 persen responden berusia 18 sampai 65 tahun dalam survei BodyLogic MD mengakuinya.

Kehidupan seks yang mati suri itu bisa terjadi dalam periode sebulan, bahkan setahun. Malah, 39 persen menjawab mereka tak berhubungan seks dengan pasangannya antara satu hingga lima tahun.

Cukup mengejutkan karena penyebab utama kondisi tersebut adalah stres di tempat kerja. Alasan terbesar kedua adalah kegemukan. Namun, kedua masalah itu sebenarnya bisa diatasi dengan mengatasi penyebab ketiga, yakni tidak adanya komunikasi.

Jika kamu merasa pekerjaan membuat stres, cobalah evaluasi lagi tugas-tugas Anda. Buka komunikasi dengan rekan kerja, atasan, atau pun bawahan, sehingga pembagian beban kerja lebih merata.

Cobalah kesampingkan perasaan takut kehilangan pekerjaan. Dalam melakukan setiap tugas, fokus pada tujuan dari tugas itu tanpa membawa rasa cemas akan peniaian.

Berbicara dengan terapis atau psikolog juga bisa membantu kita mengurai masalah dan menemukan solusi terbaik. Memendam sendiri masalah seringkali hanya akan memperburuk kondisinya.

Baca juga: 7 Mitos Seputar Seks yang Tak Harus Kita Percaya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X