Benarkah Teh Chamomile Efektif Membantu Kita Tidur?

Kompas.com - 26/08/2019, 11:01 WIB
Ilustrasi teh herbal AlexRathsIlustrasi teh herbal

KOMPAS.com - Kamu tentu pernah mengalami sulit tidur. Ketika mata tak juga terpejam, meski tubuh terasa sangat lelah setelah beraktivitas seharian.

Tak jarang dalam kondisi sulit tidur, pikiran justru menjadi begitu aktif. Banyak hal yang muncul untuk dipikirkan, yang selanjutnya berisiko meningkatkan kadar stres.

Alih-alih mengonsumsi pil tidur, cobalah minum teh chamomile hangat untuk membantumu tertidur. Teh herbal ini harusnya bisa mengantarkan kamu ke alam mimpi. Tapi, benarkah itu bisa bekerja?

Para peneliti masih mempelajarinya hingga kini.

"Sangat sedikit penelitian yang menganalisis efek teh chamomile (pada tidur). Pada insomnia tampaknya ada manfaat sederhana," kata Erik Zhou, anggota fakultas Divisi Kedokteran Tidur di Harvard Medical School.

Baca juga: 5 Jenis Teh dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Menurutnya, studi pertama pada 2011 menunjukkan, tidak ada bukti konklusif bahwa teh chamomile membantu peserta dengan masalah insomnia kronis. Penelitian ini juga menyertakan efek plasebo.

Meski demikian, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan, pada ibu baru yang minum varian teh ini selama dua minggu, memiliki tidur yang lebih baik dan lebih dalam.

Mereka juga menemukan lebih sedikit gejala depresi, dibanding dengan yang tidak mengonsumsi teh chamomile.

Penelitian yang dilakukan pada 2017 juga menunjukkan, bahwa orang lanjut usia yang minum teh chamomile mendapatkan tidur yang lebih baik secara signifikan.

Menurut para ilmuwan, hasil yang bertentangan itu melarang mereka membuat kesimpulan yang pasti tentang efek teh chamomile dalam tubuh.

Namun di sisi lain, tak ada kesimpulan yang menunjukkan efek buruk minum teh chamomile. Karena itu, mereka sangat mendorong orang untuk meminumnya, terutama jika itu hanya efek plasebo.

Menurut Zhou, meski tidur dipengaruhi oleh berbagai faktor, secangkir teh chamomile dapat membantu tidur, jika kamu meyakini hal itu akan terjadi.

Bahkan jika tidak, teh chamomile masih termasuk minuman yang sehat dan tak ada alasan untuk berhenti meminumnya.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Teh Tiap Hari



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X