Kompas.com - 27/08/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Peran ayah dalam pengasuhan anak sama pentingnya dengan pengasuhan ibu. Namun, porsi pengasuhan anak tetap lebih besar di pihak perempuan karena dianggap lebih baik dalam mengurus anak.

Idealnya peran pengasuhan dibagi rata 50 persen. Tapi, contoh paling sederhananya, mengganti popok, yang mayoritas dilakukan oleh kaum ibu.

Dari survei terhadap orangtua milenial terungkap, 95 persen ibu mengaku melakukan lebih banyak mengganti popok kotor, sementara ayah hanya sekitar 75 persen.

Sebenarnya mengganti popok hanyalah satu dari sekian banyak tanggung jawab. Hal ini merupakan analogi relasi antara pasangan dalam memikul tugas bersama sebagai orangtua baru.

Dilansir laman Fatherly, Laura Silverstein, direktur klinis dan co-owner Main Line Counselling Partners, mengungkapkan, memiliki anak memang menambah tugas baru, dan tidak selalu dapat diselesaikan dengan uang.

Salah satu yang memang menjadi keluhan adalah soal waktu yang tersita, termasuk jam tidur malam yang berkurang. Kebanyakan orangtua baru juga merasa kelelahan. Jika hanya satu pihak saja yang melakukannya, bisa dipastikan dapat memicu konflik. 

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: 10 Fakta Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui

Melakukan terlalu banyak

Dalam hal pembagian peran orangtua baru, menurut Silverstein orang-orang cenderung melihat sesuatu dari sudut pandang sendiri.

Dari pengalaman klien yang berkonsultasi ke kantornya, Silverstein menemukan, semua orang--baik pria mau pun wanita--percaya mereka telah melakukan lebih dari yang dapat mereka pertahankan.

Mengakui apa yang sudah dilakukan pasangan adalah langkah pertama untuk mengatasi konflik tentang siapa yang berbuat lebih banyak. 

Halaman:


Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X