Kompas.com - 28/08/2019, 08:59 WIB
Logo tiga garis Adidas bersanding dengan logo lima garis milik J,Crew VIA highsnobiety.comLogo tiga garis Adidas bersanding dengan logo lima garis milik J,Crew

KOMPAS.com - Produsen sepatu, produk fesyen, dan perlengkapan olahraga Adidas mengajukan permintaan kepada Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat untuk mencabut penggunaan ikon lima garis oleh retailer AS, J.Crew.

Seperti dikutip dari laman The Fashion Law, produsen sepatu dan pakaian olahraga asal Jerman itu merasa desain "garis-garis" yang dipakai J.Crew terlalu dekat dengan ikon "three stripes" khas Adidas.

Adidas menilai J.Crew telah menggabungkan pola garis sedemikian rupa, hingga bisa memunculkan kesan di konsumen produk J.Crew adalah bagian dari Adidas.

Terlebih, Adidas meyakini pola lima garis yang dipakai J.Crew bakal dipakai pada produk-produk sepatu dan t-shirt, yang adalah "dagangan" utama Adidas.

Baca juga: Nike atau Adidas, Merek Mana yang Rajai Bisnis Sneaker Dunia?

Padahal secara kasat mata terlihat, pola garis yang dipakai J.Crew amat berbeda dengan dengan pola tiga garis paralel yang identik dengan Adidas.

Sebab, pola lima garis J.Crew memiliki lebar yang bervariasi, dan menggunakan tiga kombinasi warna sekaligus, yakni biru tua, burgundy, dan gading.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lagi pula, J.Crew pun memang dikenal dengan produknya yang menggunakan desain bergaris-garis, termasuk pada kreasi lima garis tersebut.

Meski demikian, Adidas berkeras bahwa konsumen telah akrab dengan ikon tiga garis, dan tak ingin mereka terkecoh ataupun mengalami kebingungan.

Adidas juga tak ingin ada kesan J.Crew merupakan satu perusahaan yang sama, berafiliasi, atau pun terkait dengan Adidas. 

Atas pertimbangan itu, Adidas yang telah sejak 1952 memiliki merek dagang "three stripes" tak berniat mencabut perkara ini.

Baca juga: Adidas Ultra Boost Terbaru dengan 3 Pilihan Warna Sol

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.