New Balance Seret Nautica ke Muka Hukum, Ada Apa?

Kompas.com - 28/08/2019, 11:47 WIB
Logo New Balance dan Nautica VIA thefashionlaw.comLogo New Balance dan Nautica

KOMPAS.com - New Balance mengambil langkah hukum terhadap Nautica yang dituduh dengan sengaja mencontek beberapa desain New Balance, salah satunya huruf ikonik N -sebuah gaya yang telah dikenal sejak era 1970an.

Sejak pertama kali merilis varian 320 trainer di tahun 1976, New Balance mengklaim telah menghiasi hampir seluruh produk alas kaki dan pakaian mereka dengan logo "N".

Nah, pada bagian ini Nautica dituduh telah melakukan perbuatan melawan hukum dan merugikan, karena mengambil logo "N" milik New Balance.

Seperti dilansir laman thefashionlaw.com, gugatan tersebut disampaikan melalui Pengadilan Federal Amerika Serikat di Massachusetts, pada 21 Agustus 2019.

Baca juga: Ikon 3 Garis Vs 5 Garis, Adidas Buka Sengketa Lawan J.Crew

Di dalam gugatan itu disebut, New Balance mengklaim telah sudah secara konsisten selama beberapa dekade menggunakan "N" pada berbagai produk.

Produsen sepatu asal AS ini juga mengaku telah menghabiskan dana yang besar untuk mempromosikannya.

Hasilnya, konsumen menjadi sangat mengenal "N" yang identik dengan produk milik New Balance.

Di sinilah pokok permasalahannya. Nautica disebut baru beberapa waktu terakhir mulai menggunakan huruf kapital "N" pada berbagai produk pakaian dan alas kaki mereka. 

Dengan menggunakan "N" pada sepatu, sandal, kaus, dan sejumlah produk lain, Nautica seperti hendak membuat kebingungan di tengah pasar.

Atau, jika tidak demikian, konsumen bisa menyangka Nautica adalah bagian dari New Balance, baik dalam bentuk afiliasi, anak perusahaan, atau pun koneksi tertentu.

Baca juga: New Balance Bikin Sneakers yang Terinspirasi Pakaian Jimi Hendrix

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X