Berapa Dana yang Harus Disiapkan untuk Punya Perhiasan Berlian

Kompas.com - 29/08/2019, 11:06 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Dari beragam jenis perhiasan, barangkali hanya perhiasan yang memakai berlian saja yang identik dengan kesan mewah dan mahal. Apalagi, biasanya hanya selebriti atau wanita-wanita kelas atas saja yang memakai perhiasan berlian.

Citra berlian sebagai batu mulia yang mahal pun tak terhindarkan. PR Manager PT Central Mega Kencana, Nickoline Retna mengatakan, sebetulnya harga perhiasan berlian tidak setinggi yang kita duga.

Ia menjelaskan, sebutir berlian punya proses panjang di baliknya. Diawali dari pembentukan berlian mentah di perut bumi dalam lingkungan bertemperatur dan tekanan tinggi.

Proses pembuatannya pun memakan waktu yang sangat lama sehingga akhirnya bisa ditambang, diasah dan kemudian dipasang di perhiasan.

Meski harganya cenderung lebih tinggi daripada perhiasan lainnya, namun Nickoline mengatakan berlian memberikan kualitas. Semakin baik kualitas berlian, akan semakin tinggi nilainya.

"Harga berlian mahal? Itu sudah pasti, yang terpenting adalah harga yang dibayarkan oleh pelanggan sudah sesuai dengan kualitasnya. Mahal tapi bukan kemahalan," kata Nickoline.

Kualitas berlian terlihat dari 4C atau singkatan dari Cut, Color, Clarity, dan Carat. Untuk memastikan keaslian dan kualitas berlian, terdapat sertifikat khusus yang salah satunya dikeluarkan oleh The Gemological Institute of America (GIA).

Baca juga: Melihat Desain Berlian yang Disukai Kaum Milenial

Kisaran harga

Nah, berapa dana yang perlu kita siapkan untuk memiliki perhiasan berlian?

Sebagai gambaran, Nickoline menyebutkan, The Palace Jeweler, misalnya, menyediakan perhiasan berlian mulai dari harga di bawah Rp 1 juta. Sementara Frank & co. memiliki koleksi liontin berlian dengan harga mulai dari Rp. 2,29 juta.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X