Menghilangkan Perasaan Ragu Perempuan Saat Akan Berbisnis

Kompas.com - 29/08/2019, 12:11 WIB
Global conference on Woman and Entrepreneurship 2019 yang diadakan Lazada di Jakarta (28/8/2019). Dok LazadaGlobal conference on Woman and Entrepreneurship 2019 yang diadakan Lazada di Jakarta (28/8/2019).

KOMPAS.com - Kemampuan dan naluri bisnis pada perempuan sebenarnya tak kalah dengan laki-laki. Namun, perempuan dikenal kurang berani mengambil risiko dan terkadang penuh keraguan.

Padahal, dunia bisnis atau wirausaha memiliki banyak tantangan. Tanpa mental yang kuat, wanita akan lebih mudah goyah, apalagi jika bisnisnya mengalami kemunduran.

Menurut founder Narasi TV, Najwa Shihab, perempuan sebenarnya lebih kuat, tapi sering menganggap rendah kemampuannya sendiri.

"Tanpa disadari kita menganggap diri lebih rendah, kita malu menunjukkan kemampuan diri karena tidak mau dianggap sombong atau ambisius," kata Najwa dalam acara Global Conference on Woman and Entrepreneruship 2019 yang digelar oleh Lazada di Jakarta (28/8/2019).

Global Conference on Women and Entrepreneurship 2019 merupakan acara dua tahunan untuk mengapresiasi para perempuan yang berani mendobrak tradisi dan stereotip untuk membangun Indonesia dan dunia.

Tema tahun ini, “The World She Made”, menyoroti perubahan-perubahan positif nyayang telah disaksikan dan dirasakan secara global, berkat para perempuan yang berani menghancurkan penghalang yang mereka hadapi.

Baca juga: Mau Mulai Bisnis? Simak 5 Mitos tentang Wirausaha

Berbicara pada acara di Hangzhou, pendiri dan executive chairman Alibaba, Jack Ma menyampaikan apresiasi dan dukungannya pada pengusaha perempuan.

Ia mengatakan, perempuan merupakan bagian penting yang mendorong kesuksesan Alibaba Group selama 20 tahun terakhir.

“Perempuan terus memainkan peranan penting di Alibaba sejak awal didirikannya dua dekade lalu,” kata Jack Ma melalui video teleconference.

“Saya yakin meningkatnya partisipasi wanita dalam pengembangan teknologi dan desain produk akan menghadirkan manfaat dan perubahan bagi masyarakat,” tambah Ma.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X