Perhatikan, 10 Tips Penting Sebelum Ikut Lari Marathon

Kompas.com - 29/08/2019, 12:39 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Lomba lari marathon kian hari terasa kian membumi.

Bukan hanya atlet profesional yang ambil bagian, tapi banyak penikmat olahraga lari yang ingin "naik kelas" dan mencoba menaklukkan rute sepanjang 42,195 kilometer.

Biasanya, efek adiksi dari olahraga ini membuat mereka yang telah menyelesaikan lomba 10 kilometer -misalnya, lalu menambah capaiannya ke half marathon pada ajang selanjutnya.

Pola itu terus berlanjut, hingga pada satu titik si pelari merasa sudah siap untuk berlari lebih jauh dalam lomba marathon.

Namun, apakah perhitungannya memang sesederhana itu.

Baca juga: Tips Lari Marathon untuk Para Newbie

Guru Milang saat merampungkan sesi latihannya.DOKUMENTASI PRIBADI Guru Milang saat merampungkan sesi latihannya.
Guru Milang, seorang personal trainer bersertifikat, yang juga pelari ultramarathon memberikan pandangannya tentang hal ini.

Gugi -demikian dia biasa disapa, menyebutkan, berdasarkan pengalamannya, ada setidaknya 10 hal penting yang perlu dipahami oleh mereka yang hendak mengikuti lomba lari marathon.

Gugi -yang kini sedang menyiapkan diri untuk mengikuti ajang lari ITB Ultramarathon dari Jakarta menuju Bandung, sejauh 200 kilometer, 13 Oktober 2019, lalu menguraikan tips tersebut.

1, Waktu persiapan

Menurut pemuda kelahiran 14 April 1982 ini, waktu persiapan merupakan hal pertama yang harus diperhatikan.

Keputusan untuk melakukan lari marathon tak bisa dilakukan secara mendadak.

" Persiapan dilakukan sekurang-kurangnya 12 minggu sebelum lomba bagi pemula. Atau, untuk yang sudah pernah minimal delapan minggu," kata Gugi kepada Kompas.com, Kamis (29/8/2019).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X