Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpaduan Jazz, Kecak, dan Gamelan Sukses Menggetarkan New York

Kompas.com - 01/09/2019, 14:55 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Untuk kelima kalinya, Indonesian Street Festival (ISF) kembali menggetarkan New York. Kali ini, ISF mengangkat tema Seventybration. Berbagai tarian nusantara dari Aceh, Kalimantan, Sulawesi Utara, dan Bali, meramaikan festival ini.

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar dalam pembukaan ISF mengatakan, bahwa ISF New York yang bermula dari pesta rakyat telah menjadi kegiatan promosi Indonesia yang besar.

“Melalui festival ini, masyarakat Amerika Serikat dapat lebih mengenal Indonesia dengan lebih baik, sehingga hubungan antara kedua negara semakin erat kedepannya,” katanya dalam siaran pers yang diterima oleh Kompas.com.

Menariknya, selain tarian-tarian indah dari nusantara, di tahun 2019 ini ISF menampilkan perpaduan Jazz, Kecak, dan Gamelan dari Balawan dan Batuan Ethnic Group yang sukses menarik perhatian 7000 New Yorker untuk memadati ISF di 68th street Manhattan, New York (31/8/ 2019).

Baca juga: 31 Agustus, Tarian Bali Bakal Goyang Jalanan di Kota New York...

Perpaduan Jazz, Kecak, dan Gamelan di Indonesian Street Festival (ISF), di New York.KOMPAS.com Perpaduan Jazz, Kecak, dan Gamelan di Indonesian Street Festival (ISF), di New York.
Kerumunan pengunjung baik diaspora Indonesia dan warga New York terus memenuhi jalanan saat penampilan Berklee Indonesian Ensemble (BIE) membawakan komposisi-komposisi lagu daerah Indonesia bernuansa Jazz.

Suasana makin meriah ketika Balawan berkolaborasi dengan BIE, menggoyang seluruh pengunjung dengan Poco-poco dan Goyang Maumere Jazz.

“Senang sekali bisa ikut Indonesian Street Festival New York”, ungkap Paskalis Kaipman, mahasiswa Indonesia, bersekolah di Washington DC yang sengaja menempuh 6 jam dengan bis dan menginap semalam di New York.

Sebanyak 31 booth dan vendor kuliner, fashion batik dan arts, juga ikut serta dalam festival ini memuaskan dahaga pengunjung terhadap hidangan otentik dan seni budaya Indonesia.

Baca juga: Desainer Modest Wear Indonesia Kembali Tampil di New York

New Yorker asyik menari Poco poco di Indonesian Street Festival (ISF) di New York.KOMPAS.com New Yorker asyik menari Poco poco di Indonesian Street Festival (ISF) di New York.
Indonesian Street Festival New York tidak hanya menjadi puncak peringatan HUT RI ke -74 oleh Konsulat Jenderal RI dan masyarakat Indonesia di New York, namun juga menjadi selebrasi bersama 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat.

Untuk itulah berbagai unsur perpaduan budaya Indonesia dan Amerika Serikat disajikan untuk memeriahkan selebrasi yang bertajuk "SEVENTYBRATION - Celebrating Diversity, Partnership and Prosperity".

“Meski tema ISF tahun ini Seventybration, di mana memadukan unsur-unsur Indonesia dan Amerika baik dari pentas seni hingga dekorasi panggung dan seluruh booth vendor, namun ada satu hal yang selalu hadir, yaitu perlombaan2 HUT RI seperti lomba makan kerupuk, dan sebagainya,” ujar Acting Konsul Jenderal New York Yohannes Jatmiko.

Baca juga: Kursi Buatan Bandung Menangi Penghargaan Produk Terbaik di New York

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com