Punya Saudara Perempuan Bisa Membuat Kita Jadi Sosok yang Lebih Baik

Kompas.com - 03/09/2019, 07:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Beruntunglah kamu yang memiliki saudara perempuan. Bukan hanya memiliki gen yang sama dan lahir dari orangtua yang sama, tapi saudara perempuan bisa menjadi sahabat terbaik dan support system terbaik.

Para peneliti dari Universitas Brigham Young menemukan, bahwa memiliki saudara perempuan meningkatkan kesehatan mental dan rasa percaya diri, dan bahwa orang-orang dengan saudara perempuan menemukan diri mereka berusaha untuk melindungi saudara perempuannya dari rasa kesepian, tidak dicintai, bersalah, dan takut.

Dan tentu saja, berusaha keras untuk melindungi seseorang dari perasaan semacam itu membuat kamu menjadi orang yang lebih peduli dan berempati.

Baca juga: Punya Saudara Bisa Tumbuhkan Rasa Empati Anak

“Apa yang kita ketahui menunjukkan, bahwa saudara perempuan berperan dalam memajukan kesehatan mental yang positif,” kata asisten profesor Alex Jensen dari Universitas Brigham Young, yang telah menulis beberapa studi tentang hubungan saudara.

"Di kemudian hari mereka sering melakukan lebih banyak hal untuk menjaga keluarga tetap terhubung satu sama lain setelah orangtua mereka meninggal dunia," lanjutnya.

Dan jangan khawatir, bahkan jika kamu bertengkar dengan saudara perempuanmu - ini juga baik untuk kalian berdua.

"Mereka membantumu mengembangkan keterampilan sosial, seperti komunikasi, kompromi dan negosiasi, bahkan konflik saudara kandung, jika kecil, baik untuk perkembangan kesehatan."

Baca juga: 5 Keuntungan Kakak Beradik Dibandingkan Anak Tunggal

Bukan hanya perempuan, saudara laki-laki juga mendapat keuntungan dari saudara perempuan.

Bahkan, penelitian telah menemukan bahwa saudara laki-laki yang tumbuh dengan saudara perempuan lebih baik dalam berkomunikasi dengan perempuan, daripada mereka yang menjadi anak tunggal atau hanya memiliki saudara laki-laki.

"Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa memiliki saudara kandung yang berbeda jenis kelamin ada manfaat nyata dalam masa remaja," kata Jensen.

"Banyak pasangan saudara kandung menjadi lebih dekat selama masa remaja, karena mereka menjadi sumber informasi yang baik tentang lawan jenis," pungkasnya.

Baca juga: Wanita Cenderung Cari Pacar yang Mirip Kakak Lelakinya

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber her.ie
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X