Pentingnya Konsumsi Telur bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Kompas.com - 03/09/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi telur rebus AmaritaIlustrasi telur rebus

KOMPAS.com - Dengan kemampuan ekonomi yang semakin baik, tentu mendapatkan beragam jenis makanan bukan perkara sulit. Namun, nyatanya orang modern sering kekurangan nutrisi.

Salah satu nutrisi esensial yang sering tidak tercukupi adalah kolin. Zat gizi ini terdapat dalam telur dan daging. Namun, sumber terbaik adalah kuning telur.

Asupan kolin yang direkomendasikan setiap hari adalah 550 miligram perhari untuk laki-laki dan 425 mg untuk wanita. Pada ibu hamil, jumlahnya harus ditingkatkan menjadi 450 mg dan 550 mg selama menyusui.

Sebenarnya tidak sulit mencukupi asupan kolin, karena dalam satu telur rebus terkandung 113 mg kolin.

Meski begitu, tetap saja banyak orang yang kekurangan. Salah satunya adalah karena takut kadar kolesterol naik gara-gara konsumsi telur.

Baca juga: Kuning Telur Versus Putih Telur, Manakah yang Lebih Sehat?

Fungsi otak

Menurut National Institutes of Health, kolin dibutuhkan tubuh, terutama karena otak dan sistem saraf menggunakannya untuk mengatur fungsi vitl, termasuk memori, mood, dan kontrol otot.

Kolin juga dibutuhkan untuk membentuk membran yang menyelimuti sel-sel tubuh.

"Pada janin, kolin dibutuhkan untuk pembentukan otak dan saraf tulang belakang. Kekurangan kolin dapat berpengaruh pada perkembangan kecerdasan bayi," kata ahli gizi Emma Derbyshire, PhD.

Ia menambahkan, ibu hamil dan menyusui seharusnya jangan sampai kekurangan kolin.

Karena fungsinya yang besar bagi otak, konsumsi kolin juga bisa menurunkan berbagai gangguan kesehatan yang terkait dengan fungsi otak, misalnya Alzheimer.

Konsumsi kolin yang cukup akan menjaga fungsi saraf, ukuran otak, dan jaringan saraf untuk mencegah penurunan daya ingat akibat penuaan.

Penelitian menyebut, kelainan otak yang ditemukan pada pasien demensia dan Alzheimer kemungkinan terkait dengan kekurangan kolin.

Baca juga: Terlalu Sering Stres Berisiko Terserang Penyakit Alzheimer

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Healthline
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X