Kompas.com - 03/09/2019, 14:39 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jerawat bisa muncul kapan saja tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Jika sudah meradang, jerawat akan terasa nyeri dan sangat mengganggu. Terlebih, setelah mengempis, kadang bisa timbul noda bekas jerawat yang menghitam.

Agar jerawat tidak muncul, ikuti beberapa tips mencegah jerawat dengan perawatan kulit secara teratur berikut:

1. Jaga kebersihan wajah

Basuh wajah kamu maksimal 2 kali sehari dengan sabun wajah yang berformula lembut. Usap perlahan dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

Hindari menggosok kulit dengan batu apung atau spons kasar. Cuci dengan kain yang lembut atau tangan. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

2. Lembapkan wajah

Banyak produk perawatan kulit yang berformula keras sehingga membuat kulit kering. Gunakan pelembab agar kulit senantiasa lembut, kenyal, dan kencang.

Cari produk berlabel "noncomedogenic" yang bersifat anti jerawat. Ada beberapa pelembap yang dirancang untuk kulit berminyak, kering, atau kombinasi.

3. Teliti produk jerawat yang dijual bebas 

Sebagian besar produk jerawat mengandung bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat.

Halaman:
Sumber



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.