Ingin Umur Panjang? Jauhi Area yang Dikelilingi Restoran Cepat Saji

Kompas.com - 03/09/2019, 17:54 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Restoran cepat saji kini seakan menjadi jawaban praktis untuk mengisi perut lapar kita. Semakin banyak resto cepat saji di sekeliling kita, hidup rasanya makin mudah.

Namun sebuah studi baru memeringatkan, bahwa dikelilingi oleh restoran cepat saji dapat membahayakan kesehatan.

Ya, telah banyak dilaporkan bahwa makanan dari resto cepat saji berkontribusi pada obesitas, tetapi ada alasan lain untuk menghindari tempat-tempat tersebut.

Para peneliti menemukan, daerah dengan jumlah restoran cepat saji yang lebih tinggi juga memiliki angka serangan jantung yang lebih tinggi.

Studi ini menunjukkan, bahwa untuk setiap outlet makanan cepat saji yang ditambahkan ke suatu area, empat kasus tambahan serangan jantung terjadi setiap tahun.

Baca juga: Mengapa Iklan Makanan Cepat Saji Lebih Menggoda dari Aslinya

"Hasilnya menekankan pentingnya lingkungan makanan, sebagai kontributor potensial terhadap kesehatan," kata Tarunpreet Saluja, penulis studi dari University of Newcastle di Australia.

Temuan ini berasal dari data analisis pada 3.070 pasien yang dirawat di rumah sakit dengan serangan jantung antara 2011 dan 2013. Para peneliti berfokus pada kesehatan mereka dan lingkungan makanan cepat saji di sekitarnya.

Tim peneliti melihat jumlah total gerai makanan cepat saji di wilayah pemerintah daerah dan membandingkan data dengan daerah lain, untuk melihat bagaimana restoran berkontribusi pada kasus serangan jantung.

Saluja menjelaskan, bahwa nilai gizi yang buruk, konsumsi garam, dan lemak jenuh yang tinggi dari makanan cepat saji telah lama dikaitkan dengan kesehatan jantung yang buruk.

Baca juga: Trik Mengurangi Ketagihan Makanan Cepat Saji

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X