Ini Bahayanya Tidur dengan Kipas Angin Sepanjang Malam

Kompas.com - 03/09/2019, 20:25 WIB
Ilustrasi tidur dengan kipas angin mrehanIlustrasi tidur dengan kipas angin

KOMPAS.com - Udara di musim kemarau seringkali membuat kita merasa tak nyaman, termasuk saat menjelang tidur.

Rasanya serba salah, tidur memakai selimut terasa gerah, tapi tanpa selimut pun terasa tak nyaman.

Menurut Mark Reddick, penulis buku Sleep Advisor, tidur dengan kipas angin menyala sepanjang malam dapat memicu banyak alergi dan masalah kesehatan terkait sinus, termasuk demam dan asma.

Reddick mengatakan, bahwa ketika kipas angin berputar dan menggerakkan udara di sekitar kamar tidur, itu akan menyebabkan banyak debu terbang menuju sinus.

Baca juga: Kipas Angin atau AC untuk Bayi, Mana yang Lebih Aman?

Demikian pula, terus-menerus terkena udara yang berputar akan membuat kulit menjadi sangat kering sepanjang malam, apalagi jika kulit sudah cenderung kering atau memiliki masalah kulit yang lebih serius.

Namun jika kamu memang tak bisa tidur dalam cuaca panas, nyalakan kipas angin dengan setelan berputar, sehingga angin tidak hanya mengarah ke satu arah.

Pada dasarnya pemakaian kipas angin selama tidur tak masalah jika saat bangun di pagi hari, tak ada masalah kesehatan yang timbul.

Baca juga: Mengapa Ada Orang yang Tak Bisa Tidur Tanpa Selimut



Sumber her.ie
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X