Cara Rossa Padu Padankan Kain Nusantara Jadi Baju Bergaya Kasual

Kompas.com - 04/09/2019, 09:25 WIB
Penyanyi Rossa  di sela peragaan busana kolaborasi Satu Studio dan Cita Tenun Indonesia (CTI) di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraPenyanyi Rossa di sela peragaan busana kolaborasi Satu Studio dan Cita Tenun Indonesia (CTI) di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Rossa mengungkapkan kekagumannya dengan keindahan kain nusantara yang sangat kaya dan beragam.

Pelantun "Tegar" itu mengatakan punya sejumlah koleksi kain dari beberapa daerah, seperti dari beberapa daerah di Jawa, Nusa Tenggara Timur, Palembang, dan lainnya.

Meski begitu, Rossa tak secara khusus menyempatkan diri untuk membeli kain ketika dirinya berkunjung ke daerah.

"Sengaja beli sih enggak, tapi kalau ada acara ( kain nusantara) kayak gini kan pasti lebih terekspos untuk melihat-lihat, aku jadi tambah tahu juga."

Baca juga: Cerita Rossa Rintis Bisnis Kosmetik

Hal itu diungkapkan Rossa di sela peragaan busana kolaborasi Satu Studio dan Cita Tenun Indonesia (CTI) di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).

Seringkali Rossa mengolah kembali kain yang dimilikinya untuk "disulap" menjadi busana baru.

Perempuan kelahiran Sumedang, 9 Oktober 1978 itu mengaku senang dengan adanya beberapa desainer tanah air yang juga fokus mengolah kain nusantara dan memanfaatkannya untuk dijadikan busana.

Sehingga, kain nusantara tidak lagi menjadi item fesyen yang terkesan formal, tapi juga bisa menjadi busana kasual sehari-hari.

Rossa mencontohkan busana yang saat itu dikenakannya. Sebuah short dress hitam karya Satu Studio x CTI dengan aksen kain tenun yang melintang pada bagian dada.

"Aku jarang sekali yang cuma kain dipakai. Kecuali adat ya, misal pakai kebaya. Tapi biasanya di-mix lah pasti. Diolah kembali misal jadi gaun, dijahit lagi. Atau seperti ini," kata Rossa sambil menunjukkan busana yang dikenakannya.

Baca juga: Malas Dandan, Rossa Berbagi Tips Soal Perawatan Kulit

Bagi penyanyi yang akrab disapa Ocha itu, kain nusantara adalah sebuah karya yang memiliki cerita panjang dalam proses pembuatannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X