Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2019, 10:30 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Siapa yang kenal dengan sayuran yang satu ini? Ya, wortel sangat populer karena mudah ditemukan di setiap penjuru dunia.

Wortel dianggap sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan. Umbi ini memiliki banyak jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Seperti dikutip dari HelloSehat, beberapa di antaranya adalah:

Beta karoten. Wortel yang berwarna oranye sangat tinggi kandungan beta karotennya. Proses penyerapannya oleh tubuh akan lebih baik jika wortel dimasak.

Alpha karoten. Selain beta karoten, umbi dengan beragam warna ini juga mengandung antioksidan dari vitamin A berupa alpha karoten.

Lutein. Wortel yang berwarna kuning, putih, dan kekuningan sangat banyak mengandung lutein. Ini merupak antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Lycopene dan antosianin. Sayuran dan buah yang berwarna merah memiliki banyak lycopene dan antisionin, termasuk wortel merah dan ungu. Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Polyacetylenes: Penelitian terbaru telah mengidentifikasi senyawa bioaktif dalam wortel yang dapat membantu melindungi kesehatan sel darah.

Jika kamu memiliki riwayat masalah kulit seperti ruam atau psoriasis, maka mengonsumsi jus wortel merupakan pilihan yang tepat. Kandungan vitamin C-nya mampu memperbaiki tampilan kulit.

Selain itu, betakaroten pada wortel juga mengurangi peradangan pada kulit yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Betakaroten juga efektif melawan kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Karoten dan likopen yang ada dalam wortel juga bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Radikal bebas bisa menyebabkan peradangan dan menciptakan kerutan dan bintik hitam di wajah. Jika kamu terus terpapar radikal bebas, penuaan bisa terjadi lebih cepat.

Selain menggunakan produk pelindung kulit dari paparan sinar UV, kamu bisa memperlambat penuaan di kulit dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Makanan yang mengandung antioksidan, seperti karotenoid dan polifenol pada wortel misalnya. Umbi yang mudah diolah menjadi berbagai menu ini ternyata bisa membuat kulit tetap muda.

Selain menjaga kesehatan kulit, wortel juga memiliki manfaat yang baik untuk orang dengan penyakit kulit. Mengonsumsi jus wortel secara rutin bagi orang dengan eksim atau psoriasis dapat meningkatkan penampilan kulit jadi lebih baik.

Kandungan antioksidan sekaligus vitamin C memiliki sifat antiradang yang bisa mempercepat proses penyembuhan. Ini membantu kulit jadi lebih cepat sembuh dari luka luar dan trauma.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com