Kompas.com - 04/09/2019, 10:30 WIB
Ilustrasi wortel. Ilustrasi wortel.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Siapa yang kenal dengan sayuran yang satu ini? Ya, wortel sangat populer karena mudah ditemukan di setiap penjuru dunia.

Wortel dianggap sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan. Umbi ini memiliki banyak jenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Seperti dikutip dari HelloSehat, beberapa di antaranya adalah:

Beta karoten. Wortel yang berwarna oranye sangat tinggi kandungan beta karotennya. Proses penyerapannya oleh tubuh akan lebih baik jika wortel dimasak.

Alpha karoten. Selain beta karoten, umbi dengan beragam warna ini juga mengandung antioksidan dari vitamin A berupa alpha karoten.

Lutein. Wortel yang berwarna kuning, putih, dan kekuningan sangat banyak mengandung lutein. Ini merupak antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Lycopene dan antosianin. Sayuran dan buah yang berwarna merah memiliki banyak lycopene dan antisionin, termasuk wortel merah dan ungu. Antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Polyacetylenes: Penelitian terbaru telah mengidentifikasi senyawa bioaktif dalam wortel yang dapat membantu melindungi kesehatan sel darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu memiliki riwayat masalah kulit seperti ruam atau psoriasis, maka mengonsumsi jus wortel merupakan pilihan yang tepat. Kandungan vitamin C-nya mampu memperbaiki tampilan kulit.

Selain itu, betakaroten pada wortel juga mengurangi peradangan pada kulit yang mampu mempercepat proses penyembuhan. Betakaroten juga efektif melawan kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Karoten dan likopen yang ada dalam wortel juga bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.