Kompas.com - 04/09/2019, 14:38 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Anak-anak memang lucu dan menggemaskan. Namun, biasanya anak pada usia 12 bulan hingga tiga tahun mulai aktif secara fisik, termasuk berlaku agresif -salah satunya memukul.

Kebiasaan memukul itu muncul baik dalam keadaan tantrum, maupun saat sekadar mengeluh.

Jika buah hatimu punya kebiasaan yang sama, berikut ini adalah lima tips yang bisa diterapkan demi menghentikan kebiasaan anak gemar memukul.

Baca juga: Trik Atasi Anak Tantrum Saat di Mal

1. Abaikan

Mungkin ini akan bertolak belakang dengan insting alami untuk mengabaikan ketika anak mulai memukul-mukul kita, atau anak lainnya. Namun, kamu benar-benar perlu mencobanya.

Ralphie Jacobs dari Simply on Purpose menyampaikan filosofi dasar parenting bahwa kita tidak seharusnya memberi perhatian pada perilaku-perilaku negatif anak atau perilaku mencari perhatian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seringkali, memukul adalah cara anak mencari perhatian alih-alih sengaja menciptakan bahaya. Jadi, memberi perhatian hanya akan membuatnya semakin parah.

Penulis Catherine Pearlman juga punya pendapat serupa. Meski terdengar kontraintuitif, namun terkadang mengabaikan anak adalah respons terbaik.

"Reaksi apa pun terhadap perilaku mengganggu tersebut akan memberikan dampak negatif yang berpotensi menyuburkan perilaku tersebut," kata dia.

Baca juga: Tantrum pada Balita Ternyata Banyak Manfaatnya

2. Melepaskan mereka dari situasi tersebut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.