Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2019, 22:06 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber NYPost

KOMPAS.com - Ada banyak anggapan pada orang yang memiliki tato. Salah satu riset terhadap 1000 orang di Kanada menemukan, orang bertato terlihat cenderung bertindak lebih impulsif dan ceroboh daripada mereka yang tidak.

Survei yang dilakukan oleh sekelompok ekonom ini, dilakukan dengan tujuan menemukan mengapa tato menjadi begitu populer, bahkan pengusaha dan masyarakat umumnya cenderung mendiskriminasi orang bertato.

Survei ini bertanya terhadap 781 orang tanpa tato dan 255 dengan tato, termasuk 68 orang yang dirajah terlihat saat berpakaian lengkap.

Selama survei, yang diterbitkan oleh Journal of Economic Behavior and Organisation, para peneliti memasukkan tes moneter yang menawarkan bayaran lebih besar bagi kontestan, jika mereka menunggu bayaran lebih lama.

Baca juga: Makna Tato Baru Brad Pitt, untuk Angelina Jolie?

Nah, para peserta dengan tubuh tak bertato memilih untuk menunggu agar mendapatkan uang lebih besar.

Studi ini juga menemukan, peserta bertato menjawab pertanyaan logika sederhana secara impulsif.

Kepada surat kabar The Times, peneliti berharap temuan itu akan membuat orang berpikir dua kali untuk mentato, namun temuan sifat pada orang yang dirajah dianggap tak selalu buruk.

"Terkadang bagus untuk mengambil keputusan dengan cepat. Jika seorang pemain bola basket profesional dan perlu memutuskan apakah akan menembak atau mengoper, kamu tidak akan berunding lebih dulu dengan orang lain," ujar kata profesor Bradley Ruffle.

Baca juga: Bisakah Tinta Tato Menutupi Kelenjar Keringat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NYPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com