Rutin Berolahraga demi Seks yang Memuaskan

Kompas.com - 05/09/2019, 08:03 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com - Kehidupan seks yang memuaskan adalah dambaan sebagian besar orang. Hal itu bisa berdampak pada kualitas relasi dengan pasangan dan kebahagiaan pernikahan.

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan kepuasan seks adalah lewat kegiatan olahraga. Beberapa penelitian telah membuktikan kaitan antara kedua aktivitas fisik tersebut.

Riset yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine merupakan salah satu yang mengonfirmasi. Studi itu melibatkan responden lebih dari 6.000 orang pengendara sepeda, pelari, dan perenang.

Mereka dikelompokkan masuk dalam ketegori seberapa sering dan keras olahraga setiap minggu.

Dalam riset ini, peneliti menggali aktivitas fisik dan seksual mingguan responden. Kemudian, secara spesifik melihat pengalaman responden pria tentang disfungsi ereksi dan perempuan tentang disfungsi seksual, kepuasan orgasme, dan gairah.

Hasil secara keseluruhan menarik. Para peneliti menemukan, semakin seseorang sering dan lebih giat seseorang berolahraga per minggu, kian rendah peluang mereka dari segala jenis disfungsi seksual.

Baca juga: Kepuasan Seksual Wanita Milenial Semakin Berkurang, Apa Sebabnya?

Artinya, lebih banyak olahraga berkait erat dengan fungsi seksual lebih sehat.

Pria yang berlari selama 4,5 jam per minggu pada 8,6 mil per jam (kira-kira kecepatan 7 menit mil), menurunkan risiko disfungsi ereksi sebesar 23 persen.

Sementara perempuan yang berlari dengan kecepatan sama, selama empat jam dalam satu minggu, 30 persen lebih kecil kemungkinan mengalami disfungsi seksual.

Lalu, pria yang bersepeda sekitar 10 jam per minggu dengan kecepatan sekitar 16 mil per jam, 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami disfungsi ereksi, dibandingkan pria yang bersepeda hanya dua jam seminggu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X