Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2019, 12:18 WIB

KOMPAS.com - Walau banyak wanita senang berdandan, namun menghapus riasan wajah seringkali malas untuk dilakukan. Apalagi jika kita sudah melalui hari yang panjang dan melelahkan. Tidur dengan riasan wajah rasanya menjadi pilihan yang lebih praktis.

Membersihkan wajah sebelum tidur sebenarnya adalah hal yang wajib. Jika dibiarkan, kotoran dan sel-sel kulit mati akan menyumbat pori-pori wajah sehingga memicu munculnya peradangan dan jerawat.

Kebiasaan malas menghapus makeup ternyata bisa berefek lebih buruk. Oriental Daily melaporkan, seorang perempuan berusia 32 tahun dari Provinsi Hubei, Cina, mengalami mata gatal dan kering, bersamaan dengan kerontokan bulu mata selama enam bulan terakhir.

Setelah berkonsultasi ke dokter, perempuan itu baru mengetahui bahwa ada tungau tinggal pada bulu matanya.

Menurut situs Healthline, tungau atau kutu sangat kecil tersebut disebut tungau Demodex. Mereka hidup dengan makan sel-sel kulit mati pada folikel rambut. Tungau Demodex ada pada setiap orang, namun jumlahnya sangat sedikit.

Kutu tersebut bisa menjadi masalah ketika ada pada jumpah yang besar sehingga bisa menimbulkan masalah kulit serius.

Dokter kemudian memeriksa bulu mata perempuan tersebut menggunakan mikroskop dan menemukan ada banyak kutu merangkak pada bagian akar bulu mata perempuan tersebut, tepatnya pada kelenjar minyak.

Baca juga: Bulu Mata Makin Menipis di Usia 30-an

Dokter kemudian bertanya mengenai kebiasaan penggunaan riasan wajah perempuan tersebut. Karena kesibukan kerja yang padat, perempuan tersebut tidak membersihkan riasan wajahnya dengan benar.

Hasilnya, tungau tumbuh subur di bulu mata perempuan tersebut.

"Tidak heran mengapa pada enam bulan terakhir mataku selalu terasa kering dan gatal, bulu mataku juga mudah rontok," kata perempuan tersebut.

Dokter kemudian menyarankan perempuan itu untuk membersihkan riasan wajah secara menyeluruh untuk mengurangi kemungkinan tungau yang ada di bulu matanya makin banyak. Jika kondisinya semakin parah dan tidak tertangani, waktu pemulihan juga akan semakin panjang.

Pada beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan luka pada permukaan mata. Lebih jauh, sisa makeup yang tidak dibersihkan dengan benar juga bisa memicu munculnya penyakit mata seperti peradangan kelopak mata dan infeksi pada membran mata.

Menyeramkan, ya. Untuk kamu yang sering menggunakan riasan wajah, jangan lupa untuk rutin membersihkannya secara menyeluruh sebelum tidur.

Baca juga: Kapan Maskara dan Spons Make Up Harus Diganti?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.