Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buntut Kebakaran Hutan Amazon, H&M Hentikan Sumber Kulit dari Brazil

Kompas.com - 06/09/2019, 20:45 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Kebakaran hutan Amazon menimbulkan sejumlah reaksi. Salah satu langkah yang baru dilakukan datang dari merek busana H&M.

Dilansir laman Hypebeast, H&M menyatakan, karena kebakaran di bagian hutan hujan Amazon, Brazil, dan terkait dengan produksi ternak, maka diputuskan untuk melarang sementara waktu bahan baku kulit dari negara di Amerika Selatan tersebut.

"Larangan tersebut akan aktif sampai ada sistem jaminan yang dapat dipercaya untuk memverifikasi bahwa (sumber) kulit itu tidak berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan di Amazon," terang H&M dalam pernyataannya.

Dalam artikel Vogue, menurut analisis National Wildlife Federation AS, negara Amerika Selatan memasok sekitar 22 persen dari ekspor kulit dunia--menjadikan salah satu sumber hewan terbesar.

Menurut H&M, sebagian besar kulit kelompok mode bersumber dari Eropa, dengan hanya sebagian kecil yang berasal dari Brazil.

Sementara itu, sejak kasus H&M Norwegia dengan Conscious Collection, label fast fashion itu mulai menambahkan lebih banyak informasi pada pakaiannya yang dijual secara online, mulai dari informasi pemasok, bahan yang digunakan, di mana produksi garmen, nama pemasok dan informasi tentang pabrik tempat pembuatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com