Kompas.com - 06/09/2019, 20:45 WIB
Seorang pria bekerja di tengah api yang berkobar di Amazon. Hutan hujan tropis terbesar dunia itu mengalami kebakaran terparah pada tahun ini. REUTERS/BRUNO KELLYSeorang pria bekerja di tengah api yang berkobar di Amazon. Hutan hujan tropis terbesar dunia itu mengalami kebakaran terparah pada tahun ini.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kebakaran hutan Amazon menimbulkan sejumlah reaksi. Salah satu langkah yang baru dilakukan datang dari merek busana H&M.

Dilansir laman Hypebeast, H&M menyatakan, karena kebakaran di bagian hutan hujan Amazon, Brazil, dan terkait dengan produksi ternak, maka diputuskan untuk melarang sementara waktu bahan baku kulit dari negara di Amerika Selatan tersebut.

"Larangan tersebut akan aktif sampai ada sistem jaminan yang dapat dipercaya untuk memverifikasi bahwa (sumber) kulit itu tidak berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan di Amazon," terang H&M dalam pernyataannya.

Dalam artikel Vogue, menurut analisis National Wildlife Federation AS, negara Amerika Selatan memasok sekitar 22 persen dari ekspor kulit dunia--menjadikan salah satu sumber hewan terbesar.

Menurut H&M, sebagian besar kulit kelompok mode bersumber dari Eropa, dengan hanya sebagian kecil yang berasal dari Brazil.

Sementara itu, sejak kasus H&M Norwegia dengan Conscious Collection, label fast fashion itu mulai menambahkan lebih banyak informasi pada pakaiannya yang dijual secara online, mulai dari informasi pemasok, bahan yang digunakan, di mana produksi garmen, nama pemasok dan informasi tentang pabrik tempat pembuatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.