Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Menyenangkan

Kompas.com - 07/09/2019, 12:40 WIB
Ilustrasi bercinta FlairImagesIlustrasi bercinta
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hari Jantung Sedunia, yang dirayakan tiap tanggal 29 September, dapat menjadi pengingat untuk menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung masih menjadi permasalahan global, tak terkecuali di Indonesia. Menurut rilis dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2017, penyakit jantung masih menjadi faktor kematian nomor satu di Nusantara.

Selain memerhatikan makanan yang kita konsumsi, banyak kegiatan kecil yang dapat menjadi cara menjaga kesehatan jantung. Kegiatan-kegiatan tersebut, boleh jadi juga telah menjadi kebiasaan baik yang kita lakukan.

Siapa sangka, saat sedang tertawa dan bercanda bersama sahabat, kita selangkah lebih maju untuk menjaga kesehatan jantung. Begitu juga dengan rutin menyikat gigi, berhubungan seks dengan pasangan, bahkan main sepatu roda.

Baca juga: 10 Tips Gaya Hidup bagi Kesehatan Jantung

Berikut ini beberapa kebiasaan dan cara menjaga kesehatan jantung, yang mungkin tak pernah kamu sangka.

Berhubungan seks

Aktivitas menyenangkan bersama pasangan ini, ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung.
Menurut sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Cardiology, frekuensi berhubungan seks yang lebih rendah berkaitan erat dengan peningkatan penyakit-penyakit jantung.

Menari

Jika gemar menari, entah itu di kamar atau di lantai dansa, maka kamu juga telah melakukan usaha untuk menjaga kesehatan jantung.

Menari merupakan bentuk latihan areobik, yang dapat meningkatkan detak jantung, serta membantu aktivitas paru-paru dalam memompa udara. Menari selama satu jam dapat membakar hingga 200 kalori.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X