Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2019, 12:40 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Hari Jantung Sedunia, yang dirayakan tiap tanggal 29 September, dapat menjadi pengingat untuk menjaga kesehatan jantung.

Penyakit jantung masih menjadi permasalahan global, tak terkecuali di Indonesia. Menurut rilis dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2017, penyakit jantung masih menjadi faktor kematian nomor satu di Nusantara.

Selain memerhatikan makanan yang kita konsumsi, banyak kegiatan kecil yang dapat menjadi cara menjaga kesehatan jantung. Kegiatan-kegiatan tersebut, boleh jadi juga telah menjadi kebiasaan baik yang kita lakukan.

Siapa sangka, saat sedang tertawa dan bercanda bersama sahabat, kita selangkah lebih maju untuk menjaga kesehatan jantung. Begitu juga dengan rutin menyikat gigi, berhubungan seks dengan pasangan, bahkan main sepatu roda.

Baca juga: 10 Tips Gaya Hidup bagi Kesehatan Jantung

Berikut ini beberapa kebiasaan dan cara menjaga kesehatan jantung, yang mungkin tak pernah kamu sangka.

Berhubungan seks

Aktivitas menyenangkan bersama pasangan ini, ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung.
Menurut sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Cardiology, frekuensi berhubungan seks yang lebih rendah berkaitan erat dengan peningkatan penyakit-penyakit jantung.

Menari

Jika gemar menari, entah itu di kamar atau di lantai dansa, maka kamu juga telah melakukan usaha untuk menjaga kesehatan jantung.

Menari merupakan bentuk latihan areobik, yang dapat meningkatkan detak jantung, serta membantu aktivitas paru-paru dalam memompa udara. Menari selama satu jam dapat membakar hingga 200 kalori.

Tertawa

Ilustrasi tertawaElenathewise Ilustrasi tertawa
Ada banyak hal yang bisa membuat kita tertawa, seperti menonton serial komedi romantis, atau bertukar candaan receh bersama sahabat. Tertawa karena hal-hal positif, bukanlah aktivitas yang tidak memiliki manfaat, termasuk untuk jantung.

Gelak tawa yang kita keluarkan, membantu menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan di pembuluh darah, bahkan meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh.

Baca juga: 7 Alasan untuk Lebih Banyak Tersenyum dan Tertawa

Mengonsumsi cokelat hitam

Rasanya mustahil bagi kita untuk tidak menyukai cokelat, terutama cokelat hitam. Tak hanya lezat, cokelat hitam juga mengandung flavonoid, yaitu zat kimiawi tumbuhan yang menyehatkan jantung.

Halaman:
Sumber

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com