Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekstrak Baobab Jadi Andalan Mineral Botanica Membuat Skincare

Kompas.com - 09/09/2019, 18:15 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bertahun-tahun hidup di Amerika Serikat, lalu kembali menetap di Indonesia, tentu memerluka banyak penyesuaian lagi, mulai dari makanan, sosialisasi, dan berbagai hal lainnya.

Situasi semacam itulah yang dialami oleh pasangan suami istri Anita Loeki dan Widy Susindra, yang lebih dari tujuh tahun menetap dan bekerja di Negeri Paman Sam.

Anita dan Widy adalah pendiri produk kecantikan lokal Mineral Botanica.

Kembali dan menetap di Indonesia, diakui Anita, bukan lah cita-cita mereka. Keduanya berkeinginan untuk tinggal di AS dalam waktu lama.

Namun ayahanda Anita, Ponedi Loeki sudah berulang kali memohon pada mereka untuk meneruskan bisnis keluarga yang bergerak di bidang kosmetik.

Baca juga: Harga Skincare Natural Lebih Mahal, Ini Sebabnya...

Selain harus menanggalkan mimpi mereka di Amerika, bagi Anita dan Widy mengurus bisnis keluarga di bidang kosmetik bukan perkara mudah.

Meski Anita lulusan Internasional Business di LLM dan Widy lulusan Finance Marketing di Oregon University, mereka mengaku tak sedikit pun memahami seluk-beluk perihal kosmetik dan turunannya.

Hal itu lah yang membuat keduanya berbagi peran, Widy bertugas mengurus pabrik, yang berarti belajar memahami bahan-bahan dan material. Sementara Anita bertanggung jawab untuk urusan pemasaran.

Lima tahun, sejak 2010, mengurus usaha keluarga, Anita dan Widy sepakat menelurkan label sendiri yang kemudian dikenal sebagai Mineral Botanica.

Selama ini, pabrik kosmetik keluarga mereka memproduksi merek lain.

"Kami melihat potensi besar, karena saat itu produk lokal belum banyak, dan kami coba mengisi kekosongan tersebut," kata Anita kepada Kompas.com.

Baca juga: Klei and Clay, Skincare Lokal yang Peduli Isu Kesehatan Mental

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com