BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

4 Momen yang Bikin Frustrasi Para Gamers

Kompas.com - 09/09/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi game Mobile Legends IstIlustrasi game Mobile Legends

KOMPAS.com - "Ah, dasar noob!" umpat Angga untuk kesekian kalinya saat mengetahui timnya hampir kalah pada sebuah permainan mobile game.

Menyadur TribunBatam.id, Rabu (3/7/2019), dalam dunia mobile game, noob adalah istilah untuk para pemain baru yang minim bahkan sama sekali tidak memiliki skill permainan.

Hal tersebut makin diperparah karena biasanya para noob kerap bermain seenaknya tanpa menghiraukan pemain lain, baik saat satu lawan satu maupun tim.

Itu pula yang menjadikan mereka sering dianggap sebagai pemain toxic, salah satu hal paling menyebalkan dalam dunia game.

Namun momen tersebut bukan satu-satunya, masih ada beberapa kejadian menjengkelkan lainnya yang seringkali dirasakan para mobile gamers kala mereka asyik bermain. Berikut ini Kompas.com rangkumkan untuk Anda.

Game patah-patah karena sinyal internet jelek

Ibarat sayur tanpa garam, begitulah game online tanpa koneksi internet.

Buruknya jaringan internet akan membuat game menjadi patah-patah alias lag saat dimainkan hingga acapkali membuat para gamers kesal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menghindari kejadian tersebut, ada baiknya pilih provider selular yang menyediakan koneksi internet berkualitas mumpuni.

Namun bila yang digunakan adalah koneksi wifi, coba periksa kembali router Anda. Sebab, dilansir dari Kompas.com, Selasa (12/2/2017), meski terkesan sepele peletakan router ternyata dapat mempengaruhi kualitas sinyal.

Adapun posisi terbaik penempatan router adalah di ruang tengah dengan letak agak tinggi, serta terhindar dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, telepon nirkabel, dan televisi.

Lola alias loading lama

Bagi para pecinta mobile game, proses loading yang lama pun tak kalah menjengkelkan. Biasanya masalah ini disebabkan buruknya koneksi internet maupun kondisi smartphone itu sendiri.

Jika penyebabnya berasal dari perangkat yang digunakan, cobalah cek ruang penyimpanan smartphone Anda.

Pasalnya, dikutip dari Kompas.com, Selasa (10/7/2018), pada smartphone sering terdapat aplikasi yang hanya dipakai sesekali alias tidak perlu-perlu amat, hingga akhirnya menumpuk.

Meski jarang digunakan, namun aplikasi-aplikasi tersebut tetap berjalan di background ponsel sehingga memakan ruang penyimpanan. Padahal, seperti yang diketahui smartphone memiliki memori terbatas.

Maka dari itu, tak ada salahnya Anda menyortir kembali aplikasi apa saja yang perlu disimpan dan yang tidak perlu.

Masih dari sumber sebelumnya, jika tidak ditemukan perubahan kinerja smartphone, factory reset perlu dilakukan guna memulihkan kecepatan perangkat.

Sebab, penuhnya ruang penyimpanan internal ternyata dapat mempengaruhi kinerja smartphone.

Server maintenance

Setiap program online yang membutuhkan server, termasuk game, maintenance atau pemeliharaan memang akan selalu dilakukan.

Hal tersebut bertujuan untuk melindungi program dari bug, hack, dan glitch yang merupakan kesalahan pada program game itu sendiri.

Biasanya bila mobile game sedang mengalami server maintenance, waktu yang diperlukan untuk dapat kembali normal tidaklah sedikit. Inilah yang acapkali membuat para gamers jengkel.

Apalagi jika kejadian tersebut datang di saat yang tidak tepat, yaitu ketika permainan sedang seru-serunya. Mau tidak mau, game harus berhenti dan pemain menunggu hingga kembali normal.

Lawan tidak seimbang

Kemenangan adalah hal mutlak yang diinginkan pemain ketika bermain game. Namun apa jadinya bila lawan yang dihadapi tidak seimbang alias lebih hebat.

Bila sebelumnya jago ditentukan dari skill pemain, maka kini maknanya semakin meluas. Ada beberapa item penunjang lainnya yang menjadi indikator kuatnya seorang pemain.

Sebut saja karakter, amunisi, dan equipment lain, seperti kendaraan, senapan, peluru, pedang dan lain-lain

Masing-masing item tersebut pun tidak bisa asal pilih. Umumnya item berbayar jauh lebih mumpuni dibandingkan dengan yang gratis.

Untuk mendapatkan semua item penunjang tersebut, pemain perlu membeli voucher game terlebih dahulu.

Jika sebelumnya voucher tersebut hanya tersedia di minimarket, maka kini pemain bisa membelinya secara online. Salah satunya lewat aplikasi Sakuku.

Sakuku adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran belanja, isi pulsa, voucher game, dan transaksi perbankan lainnya.

Lewat aplikasi dompet digital tersebut, para gamers kini bisa memenuhi kebutuhan games-nya dengan mudah.

Cukup buka aplikasi Sakuku di smartphone, pilih menu Voucher Game yang sudah tersedia di halaman utama, lalu pilih game Anda ingin isi saldonya.

Selanjutnya Anda tinggal melengkapi user ID game, pilih nominal voucher, lalu tunggu sampai muncul pop up verifikasi pembelian. Isi password, transaksi berhasil dilakukan.

Membeli voucher game lewat Sakuku jauh lebih seru karena banyak lebihnya. Prosesnya transaksinya pun lebih simpel karena gamers bisa langsung masuk ke game-nya.

Tak hanya itu, Anda juga akan menemukan banyak promo menarik yang selengkapnya bisa dilihat di sini.

Yuk, download Sakuku. Isi senjata dan kalahkan lawan-lawan Anda!


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya