16 Manfaat Renang Bagi Tubuh yang Tak Bisa Diremehkan

Kompas.com - 10/09/2019, 05:05 WIB
Ilustrasi berenang ViktorCapIlustrasi berenang
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa manfaat renang bagi tubuh ternyata luar biasa? Olahraga yang bisa dilakukan semua orang dari segala usia ini rupanya terbukti lebih efektif daripada latihan angkat beban dan berlari.

Berenang bolak-balik dari ujung ke ujung kolam renang, dapat menjadi alternatif lain bagi mereka yang bosan dengan latihan yang itu-itu saja, seperti berlari di atas treadmill.

Pasalnya, olahraga ini dapat menciptakan perasaan menyenangkan, dengan peluang cedera yang lebih kecil.

Berenang dalam air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada otot-otot yang pegal. Sebaliknya, berenang saat cuaca panas bisa membuat kita tetap dalam keadaan ‘dingin’.

Baca juga: Terkuak...Ini Alasan Renang Jadi Olahraga Terbaik Bagi Tubuh

Dengan memilih renang sebagai olahraga rutin atau hobi, kita dapat memperoleh manfaatnya bagi kesehatan mental dan fisik di bawah ini:

1. Melatih seluruh tubuh

Ketika berenang, kita akan menggunakan hampir seluruh otot utama tubuh. Mulai dari lengan, kaki, hingga perut.

2. Memperkuat otot kardiovaskular

Sebagai salah satu latihan kardio, manfaat renang bagi tubuh bisa didapatkan karena berenang bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru, serta menyehatkan sistem pernapasan. Oleh sebab itu, renang termasuk pilihan olahraga rutin yang tepat.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X