Survei Ungkap Anak Bungsu Jadi Favorit Orangtua, Anak Sulung Favorit Kakek - Nenek

Kompas.com - 10/09/2019, 19:54 WIB
Ilustrasi beraktivitas bersama keluarga. ShutterstockIlustrasi beraktivitas bersama keluarga.

KOMPAS.com - Bagaimanapun orangtua berusaha bersikap adil dalam berbagi kasih sayang pada anak-anaknya, tak bisa dipungkiri dalam hati mereka ada salah satu anak yang menjadi favoritnya.

Beberapa penelitian selama beberapa tahun terakhir pun telah menyimpulkan, bahwa orangtua mengakui memiliki anak favorit, dan kebanyakan orangtua mengakui anak favorit mereka adalah anak terkecil.

Untuk anak tertua, fakta ini tentu menyebalkan,tapi tenang, kabar baiknya anak tertua selalu menjadi favorit kakek - nenek, dan ada data yang mendukung fakta ini.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh forum pengasuhan anak, Mumsnet, hampir seperempat dari orangtua mengakui bahwa mereka memiliki anak favorit (walaupun 55 persen juga mengatakan bahwa hal itu mengerikan).

Baca juga: Anak Bungsu adalah Teman yang Menyenangkan ketimbang Si Sulung

Para orangtua yang mengatakan bahwa mereka lebih memihak satu anak, 56 persen mengatakan bahwa itu adalah anak bungsu mereka, dengan alasan paling umum di belakangnya adalah bahwa anak terkecil mengingatkan mereka pada diri mereka sendiri.

Tapi, untuk anak-anak tertua yang merasa sedikit ditinggalkan, jangan khawatir. Pasalnya, dari kakek-nenek yang disurvei, 42 persen mengakui bahwa mereka juga punya favorit di antara cucu-cucu mereka, tetapi pendapat mereka sangat berbeda.

Rupanya sebanyak 39 persen kakek-nenek yang disurvei mengatakan, bahwa favorit mereka adalah cucu tertua.

Mereka menyukainya, karena mengingatkan mereka tentang putra atau putri mereka sendiri ketika mereka masih muda.

Terasa aneh memang, bahwa orangtua dan kakek-nenek rupanya memilih anak-anak yang berbeda, tetapi begitulah hasil survei ini.

Namun, jika kamu adalah anak tengah dan bertanya-tanya di mana posisi kamu, sayangnya tidak ada hasil yang jelas dalam survei ini, tetapi penelitian lain menemukan bahwa anak tengah adalah sumber kekuatan dalam keluarga.

Menurutmu apakah hasil survei ini sesuai atau kamu justru termasuk favorit semua orang?

Baca juga: Anak Sulung Terbukti Lebih Cerdas daripada Adiknya

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber her.ie
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X