Seberapa Cerdaskah Kulkas "Pintar"?

Kompas.com - 11/09/2019, 11:10 WIB
Ilustrasi menyimpan daging di kulkas. Ilustrasi menyimpan daging di kulkas.

KOMPAS.com - Alat-alat canggih kini menjadi bagian sehari-hari hidup kita. Bukan cuma smartphone, barang rumah tangga pun sekarang memiliki predikat "pintar", termasuk kulkas.

Kulkas pintar pada dasarnya adalah kulkas yang dilengkapi dengan koneksi internet.

Ada bermacam jenis kulkas pintar dengan fitur masing-masing. Namun, secara umum kulkas pintar bisa memberikan informasi tentang dirinya sendiri, misalnya jika pintunya belum tertutup, kamera real-time yang memungkinkan pengguna melihat apa yang ada di kulkas saat sedang belanja ke supermarket.

Kulkas pintar juga bisa memberikan perintah untuk mengatur jadwal harian, terhubung ke kalender, hingga memainkan musik.

Beberapa merk kulkas pintar juga mampu menaikkan atau menurunkan suhunya dengan perintah suara dari ponsel, menyalakan pembuat es, atau memberi informasi barang apa saja yang sudah habis di kulkas.

"Kulkas pintar memang masih memiliki fungsi dasar untuk menjaga makanan tetap dingin, tapi membantu kita lebih mudah mengaturnya," kata Michael Kaufman, penulis teknologi konsumen, seperti dikutip Readers Digest.

Karena kepintarannya itu, kulkas dalam kategori ini dapat membantu kita menghemat biaya listrik, serta memperpanjang daya simpan makanan.

Baca juga: Dapat Daging Kurban, Berapa Lama Ideal Menyimpannya di Kulkas?

Sebanding dengan harga?

Harga kulkas pintar memang jauh lebih mahal dibanding kulkas biasa. Jika ditanya apakah uang yang kita keluarkan sebanding dengan manfaatnya, hal ini kembali pada kebutuhan masing-masing.

Jika selama ini kamu termasuk orang yang punya sistem pengaturan makanan yang baik, maka mungkin kita tak butuh bantuan kulkas pintar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X