Kompas.com - 11/09/2019, 14:46 WIB
Ilustrasi Insomnia OcusFocusIlustrasi Insomnia

KOMPAS.com - Gangguan perilaku yang dialami di usia anak-anak bisa berpengaruh jangka panjang. Salah satunya adalah kesulitan tidur (insomnia) saat dewasa.

Gangguan perilaku, terutama yang dialami di usia 5-10 tahun, antara lain perundungan (bullying), sikap gampang marah, dan sulit beristirahat, merupakan contoh yang bisa berpengaruh pada gangguan tidur.

Temuan itu dihasilkan dari studi yang dilakukan tim dari Flinders University, Australia, yang menganalisa data dari studi populasi jangka panjang, dari usia bayi sampai 42 tahun, di Inggris.

"Hasil studi menunjukkan hubungan yang konsisten antara masalah perilaku di masa anak-anak dengan gejala insomnia di usia dewasa," kata peneliti kesehatan tidur Dr.Robert Adams.

Gangguan perilaku yang dialami oleh responden dalam studi tersebut dilaporkan oleh orangtua, termasuk kasus anak bertengkar, merusak barang di rumah, mencuri, atau pengabaian.

Masalah perilaku dan emosi pada anak-anak bisa bersifat sementara dan membaik dengan sendirinya, tapi banyak juga yang sebenarnya butuh pemahaman dan kesabaran orangtua untuk membantu mengatasinya.

Pada banyak kasus, terkadang anak membutuhkan bantuan profesional, seperti psikolog, untuk mengatasi sumber masalahnya.

Konseling dengan profesional bidang psikologi akan membantu anak mengontrol kemarahannya, bagaimana menghadapi emosinya, dan bagaimana menyampaikan kebutuhan mereka kepada orangtua secara lebih efektif.

Baca juga: Kiat Mudah Taklukan Insomnia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.