Seberapa Besar Pengaruh Nama pada Kesuksesan dan Cinta

Kompas.com - 11/09/2019, 17:20 WIB
Ilustrasi PexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Nama adalah doa. Begitulah kepercayaan banyak orangtua saat memilihkan sebuah nama untuk buah hatinya.

Bukan cuma nama yang memiliki arti baik, terkadang nama yang dipilih juga dipengaruhi oleh tradisi keluarga, pengingat sebuah peristiwa, dan penghormatan kepada seorang tokoh atau seseorang. Singkatnya, nama yang disematkan tidak sembarangan.

Lebih dari sebuah identitas diri, ternyata para ahli juga meyakini sebuah nama berpengaruh pada kesuksesan yang akan diraih dalam karir, bahkan hubungan cinta.

Beberapa penelitian tentang pengaruh nama ini pernah dilakukan dan berikut adalah sebagian temuan yang menarik:

Beda alfabet A dan Z
- Studi tahun 2007 menemukan, orang yang namanya diawali dengan huruf-huruf awal di alfabet cenderung lebih diakui prestasinya di sekolah, bahkan meski yang namanya memakai alfabet akhir memiliki nilai lebih tinggi.

- Penelitian tahun 2013 menyebutkan, orang yang namanya diawali huruf-huruf terakhir dari alfabet cenderung lebih impulsif saat berbelanja.

Baca juga: Mendulang Hoki dari Nama Usaha yang Harmonis

Nama yang mudah diucapkan lebih menguntungkan
- Menurut penelitian, orang-orang yang memiliki nama "pasaran" justru lebih mudah mencari kerja. Apalagi jika nama tersebut gampang diucapkan.

- Keakraban akan sebuah nama juga berpengaruh pada di mana seseorang akan tinggal. Kebanyakan orang cenderung tinggal di tempat yang namanya cukup akrab dan mirip dengan nama sendiri. Misalnya saja, penduduk di St.Louis ternyata banyak yang memiliki Louis.

- Di sekolah, anak laki-laki yang memiliki nama perempuan cenderung kurang sukses.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber Big think
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X